Telegram rilis fitur baru awal tahun 2023, stiker dan emoji animasi bisa diubah jadi foto profil

Telegram rilis fitur baru awal tahun 2023, stiker dan emoji animasi bisa diubah jadi foto profil

Fitur baru Telegram tahun 2023

1. Profile Picture Maker

Telegram rilis fitur baru awal tahun 2023, stiker dan emoji animasi bisa diubah jadi foto profil

foto: Telegram.com

Baik stiker maupun emoji animasi dapat diubah menjadi foto profil akun, termasuk grup maupun saluran. Fitur ini sudah bisa digunakan untuk Telegram Premium maupun biasa, alias tidak berbayar. Pengguna juga dapat menyarankan foto profil emoji ke pengguna lain dengan dua ketukan saja. Bahkan, Telegram menambahkan 10 koleksi emoji kostum terbaru dan emoji interaktif anyar.

2. Translate

Fitur menarik lainnya yang dihadirkan Telegram adalah Translate Entry Chats. Update fitur ini memungkinkan pengguna Telegram dapat menerima pesan dalam bahasa lain, dan terdapat opsi terjemah di atas chat. Pengguna cukup mengetuk opsi "Translate" yang ada di atas chat, maka secara otomatis pesan akan diterjemahkan. Sayangnya pembaruan ini hanya tersedia dalam Telegram versi Premium saja.

3. Kategori emoji

Developer Telegram memberikan fitur baru untuk mengkategorikan emoji dan stiker. Fitur ini mengelompokkan berdasarkan kategori di panel saat memilih reaksi atau menjelaskan perasaan pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan pencampuran antar emoji agar mendapatkan tampilan lebih baik sebelum dikirim.

4. Penggunaan data

Terdapat fitur baru, di mana pengguna dapat melihat seberapa banyak pemakaian data saat menggunakan Telegram. Fitur ini akan dihadirkan dalam diagram pie yang mudah untuk dipahami. Input data bisa mencakup dari jaringan WiFi maupun data seluler pengguna.

5. Kontrol penyimpanan media

Melalui pembaruan terbaru, pengguna Telegram dapat melakukan kontrol terhadap kapan media disimpan secara otomatis ke perangkat berdasarkan ukuran, jenis, dan obrolan yang diterima. Telegram juga memberikan cloud untuk menyimpan data dari aplikasi. Tujuannya, apabila pengguna kehilangan file yang telah diunduh, masih ada backup dari cloud.

6. Fitur izin diperbarui.

Melalui pembaruan terbaru, admin obrolan grup dapat memilih apakah anggota diizinkan mengirim 9 jenis media, termasuk pesan, foto, suara, hingga video. Admin juga memiliki kendali untuk menonaktifkan pesan teks untuk membuat grup khusus media.

7. Kostum emoji.

Melalui pembaruan terbarunya, pengguna dapat melakukan kustomisasi emoji. Hal ini tentu akan menambah nilai interaktif dari pemakaian Telegram. Bahkan, pihak dari developer sendiri memberikan 10 paket baru emoji khusus khas Telegram.

Itulah beberapa fitur terbaru dari Telegram yang rilis untuk awal Tahun 2023. Bagi yang belum kebagian, silakan untuk menunggu. Karena biasanya update dari Telegram dilakukan secara berkala.

(brl/guf)