Restoran di Jogja ini pakai robot canggih sebagai waitress, kok bisa ya?

Restoran di Jogja ini pakai robot canggih sebagai waitress, kok bisa ya?

Techno.id - Jogja terkenal dengan wisata kulinernya yang enak dan unik-unik. Kota yang populer berkat masakan Gudegnya ini mempunyai segudang tempat kuliner yang dapat menggoyang lidah. Mulai dari masakan tradisional, modern, hingga kuliner khas negara lain bisa ditemui secara mudah.

Dari sekian banyak wisata kuliner, ada sebuah restoran unik yang menggabungkan teknologi dan pelayanan. Tempat makan dimaksud adalah Imperial Kitchen & Dimsum yang terletak di Sleman City Hall. Brand F&B besutan Imperial Group tersebut berhasil melebarkan sayapnya di Jogja. Bahkan restoran dengan menu khas dimsum tersebut menyatakan menjadi yang terbesar di dalam Mall untuk saat ini.

Melalui konferensi pers bertemakan "Magnification" oleh pihak Sleman City Hall, robot Bellabot secara resmi diperkenalkan. Robot tersebut nantinya bakal melayani pengunjung Imperial Kitchen setiap harinya. Dalam konferensi tersebut, pihak resto memberikan penjelasan bahwa adanya Bellabot untuk memberikan sensasi menyenangkan untuk para pelanggan.

"Belabot akan bertugas untuk memberikan sensasi menyenangkan dan membantu serve makanan dan minuman ke tamu, jadi akan ada interaksi dengan para tamu". Kata Wima selaku Supervisor Imperial Kitchen & Dimsum Selman City Hall.

Restoran di Jogja ini pakai robot canggih sebagai waitress, kok bisa ya?

foto: Techno.id/Adnan

Lantas bagaimana sensasi dari layanan Belabot melayani para pelanggan? Berikut techno.id sajikan ulasannya pada Jumat (5/5).

Sebagai informasi, Belabot merupakan robot kucing canggih berbasis Android yang mempunyai fungsi untuk membantu pelayanan restoran. Robot ini bisa mempunyai kemampuan untuk membawa snack, makanan, bahkan kue ulang tahun.

Belabot mempunyai layar utama dengan interface kucing lucu untuk sistem navigasinya. Melalui layar tersebut, pengguna atau pelayan bisa mengatur arah meja yang dituju. Kemudian Belabot juga bisa dipakai untuk menyajikan kue ulang tahun dan pelayanan khusus lainnya hanya dengan sekali sentuh. Menariknya robot ini bakal mengeong saat sampai di meja pelanggan.

Lebih lanjut, Belabot yang beroperasi di Imperial Kitchen SCH ini memiliki baki makanan empat lapis. Setiap baki dapat menampung makanan hingga berat 10 kg. Dengan begitu robot bisa membawa beragam makanan tanpa takut kelebihan beban.

Restoran di Jogja ini pakai robot canggih sebagai waitress, kok bisa ya?

foto: Techno.id/Adnan

Belabot mempunyai interface lucu dan menyenangkan. Pelanggan terutama anak-anak akan senang jika bertemu dengan robot ini. Apalagi jika kuping dari Bellabot disentuh, robot akan bereaksi dengan menunjukkan ekspresi bahagia. Tetapi jika pengunjung mengelusnya terlalu lama, maka ekspresinya akan berubah menjadi marah, karena telah mengganggu pekerjaannya. Bella juga bisa mengeluh sakit ketika dipukul, maka jangan sekali-kali memukulnya, ya sob.

Belabot mampu berjalan sendiri sesuai rute meja yang dipetakan. Robot ini mempunyai sensor 3D yang canggih. Sensor tersebut dapat menghindari halangan dan mengelak apabila ada objek atau ada orang di depannya. Nantinya Belabot akan mengucapkan permisi jika ada orang yang menghalangi jalannya. Dengan begitu pelanggan tetap nyaman dengan kehadiran robot kucing ini.

"Bellabot tidak akan menabrak, kecuali ditabrak." Imbuh Wima.

Terkait dengan maintenance dari Bellabot sendiri terbilang cukup mudah. Robot ini hanya perlu dicas setiap baterai menunjukan posisi low. Baterai bisa bertahan hingga berhari-hari, tergantung dengan trafik pelanggan.

Restoran di Jogja ini pakai robot canggih sebagai waitress, kok bisa ya?

foto: Techno.id/Adnan

Selain itu, Imperial Kitchen & Dimsum Sleman City Hall juga menyediakan ruang VIP untuk para pelanggan. VIP room restoran tersebut mempunyai kapasitas 8-16 orang. Tidak ada syarat khusus bagi sobat yang ingin menikmati sajian makanan khas Tiongkok bersama Bellabot.

Terkait dengan sajian makanan dari Imperial cukup lengkap, lho sob. Kamu bisa menikmati dimsum dan menu khas masakan China yang halal mulai dari Rp 8 ribuan saja.

Sleman City Hall pada bulan Mei juga mengadakan banyak event besar. Diantaranya event GAPPY X SCH Wedding Festival yang hadir mulai Jumat (5/5) - Minggu (7/5) yang menghadirkan diskon besar-besaran untuk pasangan yang akan menikah di hari tersebut.

Kemudian pihak dari SCH yang bekerja sama dengan Indonesian Chef Asociation (ICA) BPD DIY akan menggelar Masak Besar Syawalan MAkan Gratis 1.444 porsi Nasi Kebuli pada Minggu (7/5).

Selain itu, Sleman City Hall bakal memberikan acara kejuaran ikan Arwana tingkat internasional, bazar buku bertemakan "Book Vaganza", dan masih banyak lagi.

Restoran di Jogja ini pakai robot canggih sebagai waitress, kok bisa ya?

foto: Techno.id/Adnan

Bagi sobat techno yang ingin menikmati sensasi menyenangkan makan bersama Bellabot, bisa langsung data ke Sleman City Hall yang beralamatkan di Jl. Magelang Jl. Gito Gati No.KM 9, Denggung, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Intipvideo saat Bellabot bekerja:

@adnanqurunul418 Makan bersama robot Bolabot di Sleman City Hall. Malah bikin deg deg an. . #fyp #masukfyp #makanjogja #SCH #makanunik #infomakanjogja suara asli - Adnan Qurunul

(brl/guf)