Update terbaru memungkinkan ChatGPT untuk mencari data langsung dari internet

Update terbaru memungkinkan ChatGPT untuk mencari data langsung dari internet

Techno.id - ChatGPT mendapatkan pembaruan dari OpenAI yang memberikan kemampuan baru. Update terbaru yang disebut AI Plugins tersebut meningkatkan kemampuan ChatGPT dalam mengakses informasi. Sekarang, generatif AI yang dikembangkan OpenAI tersebut dapat mengakses data secara langsung dari internet.

Menurut release notes yang dirilis di help.openai, AI Plugins dirancang khusus sebagai language model plugins yang dapat membantu ChatGPT mengakses informasi terbaru, melakukan komputasi, atau bahkan menggunakan layanan dari pihak ketiga. Menurut OpenAI, AI Plugins ini menjadi mata dan telinga bagi ChatGPT.

Dilansir dari platform.openai, plugins menghubungkan ChatGPT dengan aplikasi atau layanan pihak ketiga. Cara kerjanya, Plugins akan memberikan ijin kepada ChatGPT untuk berinteraksi dengan API yang dibuat oleh pengembang lain. Menurut OpenAI, Plugins ini bertindak sebagai intelligent API Caller.

Update terbaru memungkinkan ChatGPT untuk mencari data langsung dari internet (Foto: openai)

Plugins ini menjadikan ChatGPT melakukan beberapa hal seperti mendapatkan informasi terbaru seperti skor sepakbola atau mengambil informasi berbasis pengetahuan seperti dokumen perusahaan. Hal lain yang dapat dilakukan berkat adanya AI Plugins ini adalah kemampuan ChatGPT untuk memberikan tindakan berdasarkan keinginan pengguna. Hal tersebut seperti memberikan saran makanan bahkan memesan tiket pesawat.

Saat ini hanya terdapat Plugins dari beberapa layanan atau aplikasi pihak ketiga yang terdapat di ChatGPT. Aplikasi atau layanan tersebut seperti Zapier, Wolfram, Slack, dan lain sebagainya. Selain Plugins dari pihak ketiga, OpenAI juga merilis Plugins yang mereka kembangkan sendiri seperti Code Interpreter dan Browsing. Kendati demikian, ke depan OpenAI akan terus mengeluarkan Plugins.

Plugins ini baru tersedia secara limited alpha. Artinya, fitur terbaru ChatGPT ini masih dirilis secara sangat terbatas. Kendati demikian, pengguna dapat mendaftar waiting list untuk mencoba fitur terbaru generative AI dari OpenAI ini.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)