Cara mudah menggunakan ChatGPT sebagai aplikasi windows

Cara mudah menggunakan ChatGPT sebagai aplikasi windows

Techno.id - Saat ini generative AI menjadi teknologi yang sedang pesat dikembangkan sejumlah perusahaan teknologi seperti Google, Microsoft, OpenAI, dan lain sebagainya. Masing-masing perusahaan tersebut memiliki teknologi dan caranya tersendiri dalam mengembangkan Generative AI mereka.

Salah satu pengembang teknologi ini adalah OpenAI. Perusahaan yang didirikan pada Desember 2015 tersebut cukup menarik perhatian dunia karena teknologi yang mereka kembangkan. ChatGPT merupakan salah satu produk Generative AI yang dikembangkan OpenAI. Model GPT-4 yang dikembangkan OpenAI juga menjadi basis dari Generative AI lainnya seperti Bing Chat, GrammarlyGO, dan lain sebagainya.

Saat ini, ChatGPT hanya dapat diakses melalui laman resminya saja. Untuk mengakses dan menggunakan ChatGPT, pengguna harus mengunjungi laman ChatGPT. Sampai sekarang, belum ada cara untuk mengakses ChatGPT langsung melalui aplikasi.

Hal ini pada beberapa situasi tentunya akan sedikit menganggu, terlebih ketika pengguna butuh untuk mengakses ChatGPT secara cepat. Perlunya untuk membuka web browser, mengetikkan alamat laman, melakukan proses login tentunya akan menguras banyak waktu.

Tapi tenang, berikut techno.id berikan cara untuk menggunakan ChatGPT sebagai aplikasi Windows.

Cara mudah menggunakan ChatGPT sebagai aplikasi windows foto: freepik.com/biancoblue

1. Pastikan laptop atau pc sudah menggunakan Windows 10 ataupun Windows 11

2. Pastikan web browser yang digunakan adalah Microsoft Edge

3. Kunjungi laman login ChatGPT di chat.openai.com/auth/login

4. Pilih Log In

5. Klik tombol pengaturan lain, terletak di sebelah logo Bing

6. Pilih Apps lalu klik Install this site as an Apps

7. Apabila ada pop-up yang muncul, beri nama sesuai yang diinginkan.

8. Jika sudah, klik install

9. Aplikasi akan terinstall dan berada di dalam menu start.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Sebagai catatan, aplikasi ini hanya merupakan sebuah jembatan. Pengguna tetap harus tersambung ke jaringan internet untuk dapat mengakses ChatGPT.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)