Minim dana marketing, promosi OnePlus tetap dahsyat, apa rahasianya?

OnePlus © forums.oneplus.net
Techno.id - OnePlus terus menjadi buah bibir masyarakat global, apalagi pasca perkenalan flagship terbaru mereka, OnePlus 2, kemarin (28/07/15) . Produsen asal Tiongkok itu pun tak ciut nyalinya untuk berkompetisi dengan sesama vendor asal Tiongkok maupun produsen sekelas Samsung, padahal OnePlus baru didirikan tahun 2013 lalu.
Sebenarnya, apa yang membuat OnePlus begitu mudah menjadi fenomena? Apa strategi marketing yang mereka lakukan?
- Dalam setahun, 1,5 juta unit OnePlus One telah terjual di 35 negara Co-Founder: Dihapusnya sistem undangan (invite) bagi para calon pembeli sebabkan penjualan OnePlus One meningkat
- Ini alasan mengapa OnePlus begitu percaya diri dengan ponsel buatannya Soalnya, masih banyak masyarakat yang belum bisa menyebutkan satu nama produsen smartphone terbaik setelah Apple.
- Perjalanan fenomenal OnePlus akan diungkap tahun depan, penasaran? Hal ini diumumkan bersamaan dengan perayaan ulang tahun kedua OnePlus.
Ternyata, popularitas yang sudah mereka dapatkan saat ini berawal dari dana marketing sebesar Rp0. Hal itu diakui sendiri oleh Carl Pei selaku co-founder OnePlus. Bahkan, Carl juga mengakui kalau minimnya dana marketing OnePlus dibarengi dengan tidak adanya strategi marketing khusus yang dipersiapkan dan akan mereka terapkan.
Seiring berjalannya waktu, OnePlus mulai berani berinvestasi untuk sektor pemasaran. Akan tetapi, Carl memberlakukan syarat yang ketat. OnePlus berkomitmen bahwa mereka hanya akan menjalankan teknik pemasaran yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, tanpa harus meningkatkan margin atau banderol produk mereka.
Dengan kata lain, mereka hanya mau mengorbankan uang untuk pemasaran produk demi menyenangkan pelanggan mereka. Dalam kasus ini, ia mencontohkan kala mereka memberikan OnePlus Cardboard gratis awal bulan lalu pada pelanggannya untuk event peluncuran OnePlus 2.
"Tapi, itu lebih dari sekedar pemasaran. Ini hadiah untuk fans kami sekaligus undangan untuk merasakan momen peluncuran tersebut bersama kami," terangnya.
"Pemasaran seperti ini juga inovatif dan membantu mendefinisikan OnePlus sebagai perusahaan yang berpikiran maju. Alih-alih memanfaatkan pemasaran massal, investasi pemasaran kami hanya sedikit, fokus, dan berdampak tinggi - sesuatu yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan," simpulnya dalam pernyataan tertulis di blog resmi OnePlus (08/07/15).
RECOMMENDED ARTICLE
HOW TO
-
Cara terbaru mengetahui siapa yang menggunakan WiFi kita tanpa izin dan memblokirnya
-
Cara menerjemahkan chat WhatsApp pakai AI langsung di aplikasinya, gampang dan tak ribet
-
Cara terbaru merekam layar Macbook tanpa aplikasi tambahan, ringan dan tak bikin lemot
-
Cara terbaru kalibrasi warna monitor secara manual untuk desain grafis, ternyata gampang dan mudah
-
Cara menghapus aplikasi bawaan Windows yang jarang digunakan, bisa bikin lemot jika diabaikan
TECHPEDIA
-
5 Tanggal Steam Sale paling populer yang termurah, game harga ratusan ribu bisa dapat diskon 90%
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini
-
Apa itu pindai mata dan World Coin, ternyata berbahaya bagi data pribadi pengguna
LATEST ARTICLE
TECHPEDIA Selengkapnya >
-
5 Tanggal Steam Sale paling populer yang termurah, game harga ratusan ribu bisa dapat diskon 90%
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini