Mercedes Benz integrasikan ChatGPT dengan sistem infotainment MBUX, ini fungsinya

Mercedes Benz integrasikan ChatGPT dengan sistem infotainment MBUX, ini fungsinya

Techno.id - Pemanfaatan ChatGPT saat ini semakin variatif, tidak hanya digunakan pada gadget, tapi juga sudah merambah dunia otomotif. Baru-baru ini pabrikan asal Jerman, Mercedes Benz mengintegrasikan ChatGPT dalam sistem infotainment MBUX.

Jadi pemilik Mercedes Benz di Amerika Serikat akan segera dapat menambahkan ChatGPT ke mobil elegan mereka. Meskipun belum jelas untuk apa AI percakapan besutan OpenAI ini akan digunakan.

Mulai 16 Juni 20023, pemilik model yang kompatibel dengan MBUX di Negeri Paman Sam dapat memilih untuk berpartisipasi dalam uji coba beta yang mengaktifkan kemampuan ChatGPT. Hal ini memungkinkan model bahasa yang sangat fleksibel ini untuk meningkatkan kemampuan percakapan mobil. Untuk mendaftar, cukup katakan pada mobil, Hai Mercedes, saya ingin bergabung dengan program beta.

Mercedes Benz integrasikan ChatGPT dengan sistem infotainment MBUX, ini fungsinya Aplikasi Mercedes me (foto: mercedes-benz)

Kata Hei, Mercedes, yang diikuti dengan perintah singkat, sudah dapat digunakan pengemudi di mobil Mercedes untuk melakukan tugas-tugas seperti menemukan rute pada sistem navigasi atau melakukan panggilan telepon. Perintah suara ini akan terasa lebih lancar dan alami berkat ChatGPT, yang juga dapat membuka berbagai kemungkinan baru.

Mercedes Benz mengintegrasikan ChatGPT melalui Azure OpenAI Service dengan memanfaatkan kemampuan tingkat perusahaan dari platform cloud dan AI Microsoft. Lantas apa yang akan berubah dengan diintegrasikannya ChatGPT ke dalam mobil Mercedes? Nantinya Mobil akan berbicara secara lebih alami, bukan hanya merespons arahan langsung.

Sistem ini akan memiliki kapasitas untuk mempertahankan konteks percakapan dan melakukan percakapan bolak-balik dengan pengemudi atau penumpang kendaraan lainnya. Sistem akan dapat bereaksi terhadap berbagai macam pertanyaan yang lebih besar berkat ChatGPT, termasuk pertanyaan yang mungkin bukan tentang kendaraan atau pengemudi.

Penambatan teknologi canggih di dunia otomotif semakin marak. Baru-baru ini, Zoom, Teams, dan Webex juga telah hadir di Android auto. Sepertinya industri mobil akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari peningkatan dan inovasi teknologi di tahun-tahun mendatang.

(brl/red)