Mengenal Dreamachine Project, mesin stimulan halusinasi untuk terapi kesehatan mental

Mengenal Dreamachine Project, mesin stimulan halusinasi untuk terapi kesehatan mental

Techno.id - Berdasarkan sebuah penelitian, paparan strobe lights atau lampu sorot secara terus menerus akan menimbulkan efek psychedelic atau halusinasi. Efek tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan fungsi otak. Inilah yang menjadi rujukan dari Dreamachine Project, sebuah ruangan yang didesain untuk menstimulasi halusinasi dengan bantuan strobe lights dan musik elektronik.

Pada musim panas lalu, setidaknya 40.000 orang di Inggris sudah ikut serta dalam project ini dan merasakan pengalaman berada di dalam Dreamachine. Pada setiap sesinya, sekitar 20-30 orang dituntun ke sebuah ruangan besar dan kemudian diminta untuk berbaring dan menutup mata. Selanjutnya para guardian menuntun peserta pada sesi pembukaan, relaksasi, sesi latihan pernapasan dan sesi utama. Proses ini memakan waktu sekitar 30 menit.

Mengenal Dreamachine Project, mesin stimulan halusinasi untuk terapi kesehatan mental foto: dreamachine.world/david levene

Orang-orang yang terlibat dalam project ini pun sangat beragam. Mulai dari sekelompok seniman, teknisi, saintis, peneliti, designer, dan juga musisi. Anil Seth, seorang ahli saraf dari University of Sussex sekaligus kolaborator dari project ini mengatakan, lampu berkedip yang digunakan pada Dreamachine, memberikan efek kesadaran dan persepsi yang luar biasa. Meskipun lampu tersebut berwarna putih, namun orang-orang dapat melihat berbagai warna dan bentuk. Efek halusinasi ini bisa menjadi kunci untuk memahami pengalaman visual yang berbasis pada neural (saraf).

Menariknya, para peserta pada project ini melaporkan pengalaman yang berbeda-beda di dalam Dreamachine. Meskipun semua dilakukan secara bersamaan, menggunakan device dan metode yang sama, tetap saja setiap orang merasakan hal yang berbeda ketika berada di dalam Dreamachine. Para peserta mengungkapkan kata-kata seperti kaleidoskop, pengalaman halusinasi yang nyata dan jelas, ajaib, dan magic untuk mendeskripsikan pengalaman mereka.

Mengenal Dreamachine Project, mesin stimulan halusinasi untuk terapi kesehatan mental foto: dreamachine.world/david levene

Namun ada satu pengalaman emosional yang juga sama-sama dirasakan semua peserta, yaitu perasaan damai dan tenang. Penemuan ini tentunya dapat menjadi pemicu Dreamachine sebagai terobosan baru alat terapi kesehatan mental.

Semua pengalaman yang dirasakan peserta di dalam Dreamachine menurut Seth berasal dari otak kita sendiri. Otak lah yang membangkitkan perasaan-perasaan tersebut dan itulah keistimewaan dari otak manusia.

Magang: Millenia Ramadita

(brl/red)