Menandai perjalanan satu dekade perangkat wearable, Apple dikabarkan sedang mengembangkan Watch X

Menandai perjalanan satu dekade perangkat wearable, Apple dikabarkan sedang mengembangkan Watch X

Techno.id - Apple saat ini dikabarkan sedang menyiapkan Watch X. Jam pintar Apple ini bakal dihadirkan untuk menandai perjalanan 10 tahun Apple Watch. Sejak memulai debutnya di pasar pada 2015 silam, jam pintar Apple terus berinovasi dengan beragam teknologi yang dibenamkan.

Kabarnya Apple memiliki rencana besar untuk merayakan ulang tahun ke-10 Apple Watch. Cara ini sangat mirip dengan iPhone X yang diluncurkan pada 2017 lalu untuk merayakan perjalanan satu dekade iPhone.

Nah berita tentang Watch X ini sudah ramai dibicarakan. Apalagi setelah muncul di Power On, buletin mingguan Mark Gurman untuk Bloomberg. Di mana Gurman menggambarkan Watch X akan mengalami perombakan terbesar untuk jam tangan pintar Apple.

Menandai perjalanan satu dekade perangkat wearable, Apple dikabarkan sedang mengembangkan Watch X Apple Watch Ultra (foto: apple)

Dengan model X, para desainer Apple sedang mengerjakan casing jam tangan yang lebih tipis dan telah menjajaki perubahan cara pemasangan tali jam ke perangkat. Tidak jelas apakah Apple akan beralih ke desain atau bentuk baru, namun perangkat ini dikabarkan akan menandai pergeseran signifikan dalam desain jam tangan.

Apple pertama kali mengumumkan Watch pada 2014 dan memulai preorder pada 2015. Gurman menyebutkan bahwa tidak jelas apakah Apple akan merayakan ulang tahun ke-10 perangkat wearable tersebut pada tahun 2024 atau 2025. Namun ia cukup yakin bahwa Watch Series 9 tahun ini tidak akan mengalami perubahan estetika dan peningkatan yang signifikan.

Menandai perjalanan satu dekade perangkat wearable, Apple dikabarkan sedang mengembangkan Watch X Apple Watch Series 8 (foto: apple)

Kabarnya, Watch Ultra bakal mendapatkan konektivitas satelit, sebuah fitur yang sedang diupayakan Apple untuk dipadatkan ke dalam format perangkat wearable.

Mengenai Watch X, Gurman menjelaskan secara rinci tentang bagaimana Watch X akan meninggalkan sistem tali jam tangan yang ada dan beralih ke protokol pemasangan tali magnetik. Sistem baru ini dapat membantu menghemat ruang di dalam jam tangan untuk baterai yang lebih besar. Watch X juga dapat ditingkatkan dari layar OLED ke MicroLED yang akan menawarkan representasi warna dan kejernihan yang jauh lebih baik. Nah kabarnya fitur sistem pemantauan glukosa non-invasif dan monitor tekanan darah bakal menjadi inovasi paling signifikan dalam perangkat ini.

(brl/red)