Media sosial dan aplikasi kencan merupakan ‘pembunuh’ baterai smartphone

Media sosial dan aplikasi kencan merupakan ‘pembunuh’ baterai smartphone

Techno.id - Baru-baru ini, perusahaan penyimpanan awan (Cloud) pCloud melakukan penelitian mengenai penyebab terburuk di balik masalah palikasi yang banyak menguras daya baterai smartphone.

Hasilnya, banyak aplikasi populer seperti Facebook ternyuata masuk dalam daftar aplikasi paling boros baterai ponsel pintar. Dalam ringkasan temuannya, pCloud menjelaskan bahwa mereka berusaha menentukan aplikasi mana yang paling banyak menguras baterai, serta memperlambat kinerja ponsel dan menghabiskan memori paling banyak.

Dalam temuan tersebut, setidaknya pCloud menganalisis tiga faktor pada setiap aplikasi, seperti lokasi atau kamera, baterai yang digunakan aplikasi tersebut dan apakah mode gelap tersedia.

Dengan menggabungkan hasil dari ketiga faktor tersebut, pCloud dapat menghitung dari 100 aplikasi terpopuler yang paling boros sehingga menobatkannya sebagai pembunuh utama daya baterai ponsel.

Menurut analisis tersebut, aplikasi media sosial dan aplikasi kencan adalah yang paling boros menguras baterai ponsel. pCloud mencatat bahwa Facebook, Instagram, Linkedin, Snapchat, YouTube, dan WhatsApp berada di 20 besar, di mana semua aplikasi tersebut mengizinkan hampir selusin fitur berjalan di latar belakang yang sangat menguras baterai dan sumber daya ponsel.

Demikian juga, aplikasi kencan Bumble, Grindr, dan Tinder menyumbang 15% dari aplikasi yang paling menguras baterai, dan aplikasi-aplikasi tersebut mengizinkan sekitar 11 fitur berjalan di latar belakang.

Dalamanalisis ini, pCloud menjelaskan, jika sebuah aplikasi memiliki akses ke total izin yang menguras baterai yang lebih besar, maka aplikasi tersebut akan menduduki peringkat tinggi sebagai pembunuh ponsel.

(brl/red)