Mau panjang umur, ya minum kopi

Mau panjang umur, ya minum kopi

Techno.id - Kopi sudah menjadi minuman wajib bagi sebagian besar masyarakat dunia. Bahkan banyak yang mengeluh pusing jika sehari saja tak mengkonsumsi kopi. Apakah ini berarti kopi menyebabkan kecanduan? Apakah kopi berbahaya bagi kesehatan?

Para ilmuwan meneliti lebih jauh apa dampak dari mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang. Seperti yang telah diberitakan oleh Ars Technica pada hari Rabu (18/11/15), penelitian tersebut melibatkan setidaknya 200 ribu orang peminum kopi.

Mau panjang umur, ya minum kopi

Hasil yang didapat cukup mengejutkan. Minum kopi, baik regular maupun decaffeine, dapat mengurangi angka kematian. Minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari bisa menurunkan resiko kematian hingga 15% dibanding mereka yang tak mengkonsumsinya.

Para ilmuwan tersebut juga mengatakan bahwa minum kopi bisa dikategorikan sebagai gaya hidup sehat. Lalu bagaimana kaitannya dengan anggapan bahwa peminum kopi beresiko terkena diabetes, liver, dan penyakit lainnya?

Caffeine dan elemen lain yang terkandung dalam kopi ternyata sanggup menghindarkan peminumnya dari luka pada liver, mengurangi lemak, dan juga resiko penyakit kanker. Caffeine dalam kopi mengandung zat seperti chlorogenic acid, lignans, quinides, trigonelline, dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah, sudahkah Anda minum kopi hari ini?

(brl/red)