Makanan ini dibuat menggunakan printer 3D

image

Techno.id - Biasanya makanan yang lezat harus dimasak dengan takaran bumbu yang tepat. Selain itu, terdapat koki berpengalaman di balik makanan yang enak tersebut. Namun, kali ini hal itu tidak berlaku lagi, karena sudah ada printer 3D untuk mencetak makanan. Jika Anda penasaran dengan makanan yang dihasilkan dari sebuah printer 3D ini, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Makanan ini berbeda dengan makanan yang biasa Anda lihat. Konsep dari makanan ini didesain oleh Chlo Rutzerveld. Dia berusaha menciptakan makanan ringan yang baik untuk kesehatan dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Anda mungkin akan tercengang jika mengetahui makanan ini dapat berkembang. Ya, makanan unik ini dapat tumbuh seperti layaknya sebuah tanaman. Pertumbuhan tersebut sengaja dirancang oleh teknologi yang digabungkan dengan aspek alam, ilmu pengetahuan dan desain.

Camilan yang dibuat oleh Rutzerveld ini berbentuk prototipe rumah serangga yang terbuat dari tepung. Sedangkan untuk adonan di dalamnya dibuat oleh printer 3D yang dirancang khusus dari penelitian organisasi TNO. Adonan yang dihasilkan dari printer 3D tersebut dimasukkan ke dalam rumah serangga. Kemudian dalam lima hari makanan itu akan menumbuhkan beberapa tanaman seperti jamur dan ragi yang telah difermentasi.

Makanan ini lebih mengedepankan pada struktur desain, aroma, dan rasa yang terlihat dari penampilannya yang menggiurkan. Konsumen dapat memesan sendiri kandungan dari makanannya. Apalagi para konsumen juga dapat menentukan sendiri waktu untuk memanen makanan tersebut, seperti yang dikutip dari Cnet (26/02/15).

Tujuan dari pembuatan makanan ini adalah untuk meminimalkan limbah dan emisi karbon. Selain itu, agar konsumen dapat membuat sendiri makanan ringan yang sehat untuk tubuh mereka. Makanan yang mirip tanaman ini akan dipamerkan tahun depan, bertempat di negara Belanda.

(brl/red)