Kota-kota ini siap adopsi ekonomi berteknologi, ada kota Indonesia?

Kota-kota ini siap adopsi ekonomi berteknologi, ada kota Indonesia?

Techno.id - Dell mengumumkan 50 kota di dunia yang telah menerapkan teknologi untuk beradaptasi dan sukses bersaing dalam era yang terus berubah dan masa depan yang semakin global. Model Future-Ready Economies jadi landasan Dell melakukan pemeringkatan bagi kota-kota tersebut.

Model Future-Ready Economies melakukan penilaian terhadap kota-kota metropolitan dunia yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi berdasarkan faktor-faktor yang memberikan kemudahan kepada penduduk dan organisasi. Kemudahan akses yang dinilai terkait dengan berbagai sarana dan ide baru untuk meningkatkan konektivitas, kinerja ekonomi yang lebih baik, dan kemampuan yang lebih baik untuk menarik sumber daya manusia.

Dell mempelajari berbagai atribut dari berbagai komunitas tersebut yang membuatnya dapat membantu masyarakat dan organisasi swasta menjadi lebih Future Ready dengan cara mengidentifikasi berbagai strategi kebijakan dan teknologi yang dapat mendorong pertumbuhan.

Kota-kota yang masuk dalam peringkat Global 50 dievaluasi berdasarkan tiga kriteria yakni sumber daya manusia, infrastruktur dan perdagangan. Ketiga poin itu memiliki standar tertentu hingga bisa masuk dalam kategori Future-Ready Economy yang ditentukan Dell.

"Kita hidup di era digital dimana kekuatan inovasi untuk mengubah dunia ada di sekitar kita," ujar Catherine Lian, managing director, Dell Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Techno.id, Jumat (8/4/2016).

Catherine memaparkan bahwa kota-kota tempat kita tinggal saat ini selalu dihadapkan pada berbagai tantangan baru setiap hari mulai dari tantangan mengelola pertumbuhan populasi dan membangun kebudayaan yang hebat. Akhirnya, terciptalah peluang ekonomi bagi setiap orang.

"Dengan memahami apa yang dimaskud dengan Future-Ready Economies dan karakteristiknya, maka kota, usaha dan masyarakat dapat membuat kebijakan dan strategi yang akan menciptakan kesejahteraan dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat dan sehat," jelasnya.

Secara lengkap daftar Peringkat Global 50 Future-Ready Economies versi Dell sebagai berikut:

  1. San Jose, Calif.
  2. San Francisco, Calif.
  3. Singapura
  4. London
  5. Washington, DC
  6. Boston, Mass.
  7. Austin, Texas
  8. Raleigh, N.C.
  9. Stockholm
  10. Sydney
  11. Toronto
  12. Seoul-Incheon
  13. Seattle, Wash.
  14. Denver, Colo.
  15. Portland, Ore.
  16. Dallas-Fort Worth, Texas
  17. New York, N.Y.
  18. Minneapolis-St. Paul, Minn.
  19. Houston, Texas
  20. Atlanta, Ga.
  21. Charlotte, N.C.
  22. Chicago, Ill.
  23. Munich
  24. Beijing
  25. Hong Kong
  26. Paris
  27. Taipei
  28. Shanghai
  29. Louisville, Ky.
  30. Salt Lake City, Utah
  31. Guangzhou
  32. Tokyo
  33. Moscow
  34. Des Moines, Iowa
  35. Los Angeles, Calif.
  36. Pittsburgh, Pa.
  37. Columbus, Ohio
  38. Indianapolis, Ind.
  39. Milan
  40. Sao Paulo
  41. Buenos Aires
  42. San Antonio, Texas
  43. Orlando, Fla.
  44. Delhi
  45. Suzhou
  46. Istanbul
  47. Jakarta
  48. Tianjin
  49. Shenzhen
  50. Kota Meksiko

(brl/red)