Kilau cahaya di permukaan planet kerdil Ceres bingungkan ilmuwan

image

Techno.id - Semenjak ditemukan pada 1 Januari 1801, planet katai atau planet kerdil Ceres, hampir selalu menunjukkan fenomena-fenomena alam yang menarik. Beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa Ceres mengandung air, berdasarkan muntahan uap air di permukaan yang masih belum ditemukan sumbernya. Baru-baru ini, fenomena alam yang menarik kembali ditemukan di planet kerdil ini.

Melalui pesawat ruang angkasa NASA, Dawn, telah ditemukan penampakan kilauan cahaya di permukaan Ceres. Dilansir oleh Engadget (26/2/15), kilauan tersebut pertama kali di tangkap oleh citra satelit dari kejauhan 46.000Km. Namun hingga pada jarak yang lebih dekat, para peneliti NASA belum siap memutuskan asal sumber cahaya tersebut.

Andreas Nathues, seorang peneliti utama di Max Planck Institute for Solar System Research di Jerman, mengatakan bahwa fenomena ini benar-benar tak terduga dan masih misteri. "Meski lebih terang dari penampakan di sekitarnya, kamera kami masih kesulitan untuk menangkap sumber cahaya tersebut," jelas Nathues.

Untuk penelitian lebih lanjut, wahana Dawn dijadwalkan akan memasuki orbit sekitar Ceres pada 6 Maret mendatang.

(brl/red)