Ingin menemukan fosil dinosaurus? Telusuri tempat-tempat ini!

Ingin menemukan fosil dinosaurus? Telusuri tempat-tempat ini!

Techno.id - Bayangkan betapa bahagianya bisa menggali fosil dinosaurus dengan jerih payah Anda sendiri. Meski tidak bisa berhadapan langsung dengan raksasa yang pernah merajai Bumi tersebut, setidaknya dari fosilnya saja, Anda pasti bisa membayangkan betapa hebatnya makhluk itu di masa jayanya. Memang, selalu ada kemungkinan bahwa tulang-belulang milik dinosaurus tersimpan di pekarangan rumah Anda. Namun, sudah ada tempat yang lebih dahulu dikenal sejagad karena telah menyimpan banyak fosil dinosaurus dengan baik. Beberapa tempat tersebut ialah:

1. Amerika Serikat
Para peneliti telah lama mengendus potensi dataran Benua Amerika sebagai "rumahnya" dinosaurus. Nah, di Negeri Paman Sam sendiri, tepatnya di wilayah Colorado, ada sebuah kawasan yang kaya akan batuan sedimen berisi fosil. Kawasan tersebut bernama Morrison Formation. Sejak penemuan kerangka Stegosaurus dan Apatosaurus pada tahun 1877, peneliti dinosaurus pun berbondong-bondong mengunjungi tempat ini. Bahkan, berkat Morrison Formation-lah akhirnya umat manusia mengenal beberapa dinosaurus terkenal, misalnya Allosaurus dan Brontosaurus.

2. Kanada
Negara yang berada di bagian Amerika Utara ini ternyata menyimpan sebuah warisan yang berusia jutaan tahun. Dinosaur Provincial Park, sebagaimana taman ini disebut, ialah salah satu tempat penting dalam rekam jejak hewan raksasa tersebut. Di lokasi seluas 7.300 hektar ini, sudah ditemukan 40 spesies dinosaurus dan lebih dari 500 spesimen makhluk hidup. Maka, jangan heran jika di salah satu situs warisan dunia UNESCO ini terdapat fosil tumbuhan paku-pakuan sampai Gorgosaurus, yang dijuluki si kadal kejam.

3. Tiongkok
Sejumlah kerangka raksasa juga lazim ditemukan di daratan Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diungkap oleh seorang paleontologis bernama Phillip Manning dalam bukunya yang berjudul Grave Secrets of Dinosaurs. Menurutnya, provinsi Liaoning adalah lokasi yang cukup terkenal sebagai penyimpanan fosil, terutama di kawasan Asia. Di daerah tersebut, pernah ditemukan beberapa fosil dinosaurus dari zaman Kapur, seperti Sinosauropteryx, yang menguak misteri hubungan antara dinosaurus dan burung.

Apabila Anda termasuk orang-orang yang memiliki obsesi berlebih terhadap dinosaurus, sebaiknya Anda mengunjungi tiga tempat di atas jika ada kesempatan. Pasalnya, belum semua jengkal wilayah di tempat tersebut diekspolorasi oleh para peneliti. Maka dari itu, kemungkinan Anda untuk menemukan fosil lain atau baru di sana masih besar.

(brl/red)