28 wanita Indonesia ternyata adalah "ibu" penduduk Madagaskar!

28 wanita Indonesia ternyata adalah "ibu" penduduk Madagaskar!

Techno.id - Apabila Anda menemui pertanyaan tentang asal-usul penduduk Madagaskar, Anda tidak perlu ragu untuk menjawabnya. Pasalnya, jawabannya sudah sangat jelas, yakni Indonesia! Ya, sebuah riset telah membuktikan bahwa Indonesia memang punya kaitan yang erat dengan negara bekas jajahan Prancis tersebut. Tak tanggung-tanggung, gambaran kasarnya, sekitar 22 juta penduduk Madagaskar saat ini ternyata bermula dari rahim 28 wanita Indonesia!

Fakta tersebut terungkap berkat penemuan dari Murray Cox, peneliti dari Massey University, New Zealand. Alih-alih dari Benua Hitam sendiri, investigasinya tentang siapa manusia pertama di Madagaskar malah mengarah pada penduduk dari Indonesia. Meskipun hal ini cukup aneh, karena jarak antara Madagaskar dan Indonesia mencapai 5.600 km, para peneliti punya dugaan khusus tentang kehadiran penduduk asli Indonesia di negara yang kaya akan flora dan fauna itu. Dugaan tersebut adalah orang Indonesia secara tak sengaja sampai di Madagaskar karena kapalnya karam.

Perjalanan Cox dan rekan-rekannya untuk membuktikan hal tersebut, tak main-main. Mereka pun meneliti gen dari 300 penduduk asli Madagaskar dan 3.000 orang dari Indonesia. Hasilnya, kedua gen tersebut memiliki kesamaan. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, Cox dan timnya juga melakukan beberapa simulasi dengan komputer, hingga sampailah mereka pada sebuah kesimpulan bahwa kehadiran manusia di pulau Madagaskar berawal sekitar 1.200 tahun lalu dari populasi kecil.

Secara rinci, ada 30 perempuan dalam koloni mini tersebut, yang terdiri dari 28 wanita Indonesia dan dua dari Afrika. Sayangnya, belum bisa diketahui secara jelas berapa jumlah pria di dalam populasi tersebut, meski riset lainnya tentang kromosom Y (DNA yang diwariskan oleh ayah pada anak laki-laki) yang dimiliki oleh penduduk Madagaskar identik dengan lelaki dari Asia Tenggara.

"Kami yakin bahwa baik pria maupun wanita pertama di Madagaskar berasal dari Indonesia," kata Cox dengan percaya diri pada LiveScience.

(brl/red)