Inggris jadi negara pertama untuk pengujian mobil driverless

Inggris jadi negara pertama untuk pengujian mobil driverless

Techno.id - Inggris jadi negara pertama yang memakai mobil driverless (tanpa pengemudi) untuk transportasi di negaranya. Sehingga, menteri transportasi Inggris akan menguji kendaraan ini di jalan raya Inggris. Pengujian penggunaan transportasi dengan mobil driverless ini dilakukan setelah penelitian selama 6 bulan.

"Saya memiliki misi untuk menggunakan mobil driverless untuk mengantar anak-anak sekolah, saya berharap orang tua cukup melambai saat anaknya pergi ke sekolah. setelah itu, anak-anak kembali ke rumah tepat pukul 3.30" ujar Claire Perry, menteri transportasi Inggris, kepada DailyMail (07/02/15).

Hal ini menyimpulkan, tidak ada hambatan untuk melakukan pengujian teknologi driverless di jalan-jalan Inggris.

Mobil driverless juga tidak mengharuskan penggunanya memiliki SIM. Sehingga, wanita Inggris merasa diuntungkan. Sebab, kebanyakan wanita Inggris tidak memiliki SIM dibandingkan satu dari tujuh pria di Inggris.

Seperti catatan seorang juru bicara Whitehall "teknologi mobil driverless dapat membebaskan 31 persen wanita yang tidak bisa mengemudi. Kebanyakan orang mengemudi begitu saja karena membutuhkan mobil, namun banyak yang tidak memiliki SIM"

Dari laporan tersebut, pemerintah Inggris memenuhi ambisinya untuk menjadikan Inggris sebagai pusat dunia untuk pengembangan mobil driverless ini. Menteri transportasi Inggris akan menyoroti tentang potensi manfaat keselamatan yang mencatat 90 persen kecelakaan adalah kesalahan manusia.

Pada tahap awal uji coba, kemungkinan mobil tersebut akan di awasi dengan pengemudi yang memenuhi syarat. Sehingga bisa mengawasi sistem tanpa pengemudi ini. Serta akan dilengkapi dengan setir mobil dan pedal rem. Namun, seiring penelitian ini berkembang, setir dan pedal rem akan dihapus dan mobil akan sepenuhnya otomatis.

(brl/red)