Indosat rilis Indonesia Mobile Exchange
Techno.id - Indonesia Mobile Exchange (IMX) adalah sebuah platform Digital Exchange untuk Mobile Advertising dengan Real-Time Bidding. Platform ini menyediakan portal bagi pengiklan lokal dan global untuk terhubung langsung dengan publisher terkemuka di Indonesia dalam menyediakan layanan iklan dengan target yang lebih spesifik.
Dilansir oleh Merdeka.com (22/05/15), program ini resmi dirilis oleh Indosat bersama Smaato, kerja sama ini merupakan kelanjutan dari pengumuman pembentukan perusahaan patungan (joint venture) antara Indosat dengan Smaato yang dilakukan di Mobile World Congress, bulan Maret lalu. Citra Agus, CEO IMX mengungkapkan, kebanggaan bagi pihaknya karena dapat menghadirkan inovasi di bidang digital mobile advertising melalui Indonesia Mobile Exchange.
Sementara untuk partner publisher, ia mengatakan jika integrasi informasi perilaku pelanggan mobile berbasis program membuat target sasaran untuk iklan dapat menjadi lebih tajam.
"Sementara di pihak advertiser, dengan adanya integrasi informasi perilaku pelanggan mobile berbasis program, target sasaran untuk iklan dapat menjadi lebih tajam. Sehingga keduanya secara signifikan bisa mendapatkan keuntungan bersama," ujarnya dikutip dari Merdeka.com, Kamis (21/05/15).
Selain itu, Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat mengatakan jika program IMX ini dapat membentuk ekosistem pasar yang sehat, agar semua pihak bisa mendapatkan nilai tambah yang nyata melalui kerjasama yang saling menguntungkan.
"Yang terpenting adalah membentuk ekosistem pasar yang sehat, agar semua pihak bisa mendapatkan nilai tambah yang nyata melalui kerjasama yang saling menguntungkan. Dan ini bukan hanya membuka peluang dari sisi peningkatan bisnis semua pihak, tapi juga dalam hal peningkatan kapabilitas sumber daya manusia, penyerapan standar global dalam pemanfaatan teknologi dan juga membuka lebih lebar potensi kolaborasi dari berbagai pihak yang selama ini belum sepenuhnya dieksplorasi," ujarnya.
Ragnar Krusse, co-founder dari Smaato juga menambahkan jika kerja sama yang dilakukan perusahaannya adalah hal penting untuk mereka.
"Kerjasama ini merupakan kerjasama yang penting untuk kami, di mana inovasi teknologi akan bertemu dengan pasar yang sangat besar dan dinamis, sehingga akan mendorong percepatan inovasi-inovasi lain yang relevan. IMX akan mendapatkan visibilitas pergerakan tren mobile advertising dunia, sehingga semua pihak dapat dengan cepat menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Dengan populasi yang besar, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi kekuatan pendorong untuk tren pasar global nantinya," ujar Krusse.
Di sisi lainnya, IMX yang bernaung di bawah PT. Portal Bursa Digital ini direncanakan dapat menjalin kerjasama secara independen dengan operator seluler lain, para pengiklan, publisher-publisher lokal tanah air maupun pihak-pihak lain yang menjadi bagian dari dunia Mobile Advertising di Indonesia. IMX juga akan mempergunakan jaringan Ads Exchange global Smaato yang sudah memberi layanan hingga hampir 5 milyar impression per bulan di Indonesia dan terhubung dengan lebih dari 340 Demand Side Platform di seluruh dunia.