Indosat gandeng Tech Mahindra kembangkan AI linguistik Garuda, LLM Bahasa Indonesia dan dialeknya

Indosat gandeng Tech Mahindra kembangkan AI linguistik Garuda, LLM Bahasa Indonesia dan dialeknya

Techno.id - Indosat Ooredoo Hutchison Kembali membuat gebrakan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona. Kali ini, Indosat berkolaborasi dengan Tech Mahindra untuk mengembangkan Garuda, sebuah Large Language Model (LLM) yang bertujuan melestarikan bahasa Indonesia beserta seluruh dialeknya.

Garuda akan dibangun berdasarkan prinsip LLM orisinal Tech Mahindra Project Indus, sebuah model dasar yang dirancang untuk berkomunikasi dalam berbagai bahasa dan dialek India. Nantinya, fitur unik Garuda akan menghadirkan beragam use case, memungkinkan pelanggan Indosat memanfaatkannya di berbagai aplikasi, termasuk layanan dukungan pelanggan, pengalaman pengguna, dan pembuatan konten lintas industri seperti kesehatan, e-commerce, pendidikan perdesaan, perbankan dan keuangan, pertanian, serta telekomunikasi.

Model ini akan menyajikan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dengan menganalisis sentimen dan memahami pola perilaku, sehingga menghasilkan pembelajaran yang fleksibel berdasarkan interaksi sebelumnya.

Indosat gandeng Tech Mahindra kembangkan AI linguistik Garuda, LLM Bahasa Indonesia dan dialeknya foto: indosat

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, Garuda akan menggunakan teknologi terkini dalam melestarikan Bahasa Indonesia dengan berbagai dialeknya. Menurutnya, kolaborasi ini turut mengoptimalkan infrastruktur artificial intelligence (AI) dan kapasitas sumber daya manusia untuk mendorong inovasi, menghadirkan marvelous experience, serta membuka peluang baru bagi pertumbuhan sosial-ekonomi secara merata di Indonesia.

Garuda akan dikembangkan dengan 16 miliar token bahasa Indonesia asli, yang akan menghasilkan 1,2 miliar parameter untuk membentuk pemahaman model terhadap bahasa Indonesia tersebut. Parameter-parameter ini akan memengaruhi bagaimana model tersebut memproses input dan menghasilkan output.

Versi beta model Garuda akan dirilis untuk pengujian oleh Indosat dan penutur Bahasa Indonesia. Model ini akan terus diperbaiki menggunakan teknik Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF) untuk memastikan keandalannya dalam percakapan. Selain itu, use case khusus akan dikembangkan menggunakan metode Less is More for Alignment (LIMA).

(brl/red)