HID Global luncurkan kartu identitas canggih yang tak bisa dipalsukan

HID Global luncurkan kartu identitas canggih yang tak bisa dipalsukan

Techno.id - Kartu identitas diri bisa saja disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan dengan memalsukan kartu atau menyamar menjadi orang lain. Kejahatan pemalsuan kartu seperti ini sangat berbahaya, selain merugikan, pelakunya sulit ditangkap karena tidak menggunakan identitas asli dirinya. Untunglah, telah diluncurkan sebuah solusi keamanan baru berupa kartu identitas canggih oleh HID Global.

Kartu yang diberi nama vanGO ini terinspirasi dari teknologi otentikasi visual sejenis yang digunakan Amerika Serikat yaitu Green Card. Kartu vanGO menjadi acuan baru bagi solusi keamanan One-2-One yang dapat dipersonalisasikan, hemat biaya, anti pemalsuan, dan dapat diterbitkan langsung via solusi desktop.

Tak berbeda dengan kartu pada umumnya, desain kartu vanGO dicetak menggunakan patch metalik berbentuk kotak yang disematkan foto wajah pemegang kartu dan kemudian diterbitkan menggunakan modul laser penulis dan mesin pencetak eksklusif berkinerja tinggi milikHID Global, FARGO HDP8500. Cetakan gambar ini menciptakan hubungan yang unik antara kartu dan pemegang kartu sehingga tidak mungkin kartu ini dapat dipalsukan, seperti yang dilansir AntaraNews (2/6/15).

HID Global luncurkan kartu identitas canggih yang tak bisa dipalsukan

Kartu vanGO memang canggih, sehingga pihak keamanan tidak perlu mengidentifikasi kartu dengan alat pembaca elektronik, mereka cukup otentikasi keamanan secara visual atau mata telanjang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam hal pengecekan namun tetap menjunjung tinggi perlindungan keamanan.

"Tujuan kami ialah untuk mengembangkan solusi kreatif dan juga pragmatis yang mengatasi berbagai permasalahan keamanan yang banyak dirasakan oleh banyak instansi akhir-akhir ini, mulai dari universitas hingga instansi pemerintahdan perusahaan multi nasional," ujar Wakil Presiden Secure Issuance Business HID global, Craig Sandness.

(brl/red)