Google hadirkan fitur battery health di Android, simak 5 manfaatnya

Google hadirkan fitur battery health di Android, simak 5 manfaatnya

Techno.id - Google mengumumkan kehadiran fitur Battery Health terbaru pada sistem operasi Android. Fitur ini dirancang untuk memberikan informasi lebih detail tentang kesehatan baterai perangkat Android, yang memungkinkan pengguna mengoptimalkan penggunaan baterai dan memperpanjang umur baterai mereka.

Dengan hadirnya fitur ini tentunya menjadi angin segar bagi pengguna karena berbagai hal baru yang sangat menguntungkan. Berikut Techno.id memberi 5 ulasan terkait kehadiran fitur Battery Health di Android, Kamis (04/01).

1. Pemantauan kesehatan baterai yang lebih akurat

Google hadirkan fitur battery health di Android, simak 5 manfaatnya foto: freepik/vectorjuice

Google memperkenalkan fitur Battery Health untuk memberikan pemantauan kesehatan baterai yang lebih akurat. Pengguna dapat melihat statistik seperti kapasitas baterai saat ini, tingkat keausan, dan perkiraan sisa umur baterai. Informasi ini membantu pengguna dalam merencanakan penggunaan perangkat mereka sehari-hari dan mengurangi risiko mati mendadak karena baterai habis.

2. Notifikasi optimalisasi baterai

Google hadirkan fitur battery health di Android, simak 5 manfaatnya foto: freepik/storyset

Fitur ini juga dilengkapi notifikasi yang memberi tahu pengguna tentang cara mengoptimalkan penggunaan baterai. Dengan demikian, pengguna dapat mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang dapat mempercepat proses keausan baterai atau menghabiskan daya baterai secara tidak efisien.

3. Mode hemat baterai yang ditingkatkan

Google hadirkan fitur battery health di Android, simak 5 manfaatnya foto: freepik/fantasticstudio

Google telah meningkatkan mode hemat baterai pada perangkat Android. Kini, mode ini lebih cerdas dalam mengelola aplikasi dan fungsi perangkat untuk mengurangi konsumsi daya secara signifikan. Dengan pembaruan ini, pengguna dapat mengandalkan mode hemat baterai tanpa harus mengorbankan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

4. Perpanjangan umur baterai

Google hadirkan fitur battery health di Android, simak 5 manfaatnya foto: freepik/juicy_fish

Dengan adanya fitur Battery Health, pengguna dapat lebih proaktif dalam merawat baterai perangkat mereka. Dengan mengikuti saran dan notifikasi yang diberikan fitur ini, pengguna dapat memperpanjang umur baterai, mengurangi biaya penggantian baterai, dan membantu mengurangi dampak lingkungan dari limbah elektronik.

5. Dukungan perangkat jangka panjang

Google hadirkan fitur battery health di Android, simak 5 manfaatnya foto: freepik/rawpixel.com

Keberadaan fitur Battery Health di Android tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, tetapi fitur ini memberikan dukungan dengan jangka penggunaan perangkat Android yang lebih lama. Fitur ini memberikan kemampuan untuk memahami kesehatan baterai pada perangkat yang sudah berusia tua, memungkinkan pengguna membuat keputusan yang lebih bijak terkait penggunaan perangkat mereka.

Kehadiran fitur Battery Health di Android menunjukkan komitmen Google untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan solusi yang lebih baik terkait manajemen daya baterai. Pengguna Android dapat segera mengakses fitur ini melalui pembaruan sistem operasi yang dirilis secara bertahap ke berbagai perangkat Android.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)