7 Cara mengatasi baterai ponsel Samsung Galaxy yang cepat habis

7 Cara mengatasi baterai ponsel Samsung Galaxy yang cepat habis

Techno.id - Kamu pengguna smartphone Samsung Galaxy dan baterainya cepat habis? Masalahnya dapat disebabkan perangkat lunak atau perangkat keras. Karena itu memulai ulang ponsel Galaxy kamu adalah langkah pertama yang baik untuk memastikan perangkat lunak. Tekan dan tahan tombol daya dan ketuk Matikan di layar saat muncul. Setelah menunggu hingga mati, tahan tombol daya hingga menyala kembali.

Memperbarui ponsel diperlukan karena beberapa bug bisa diatasi dalam pembaruan Samsung terbaru. Untuk memeriksa pembaruan, buka aplikasi Pengaturan > Pembaruan sistem. Ketuk Periksa pembaruan sistem atau yang serupa. Berikut beberapa cara mengatasi baterai ponsel agar tidak boros.

1. Aktifkan mode hemat daya

7 Cara mengatasi baterai ponsel Samsung Galaxy yang cepat habis foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Samsung menyertakan mode hemat daya bawaan yang akan membatasi proses jaringan latar belakang. Untuk mengaktifkan mode hemat daya, buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Baterai > Hemat daya. Alihkan pengaturan untuk mengaktifkan penghematan daya.

Samsung juga memiliki fungsi bawaan untuk mengoptimalkan baterai ponsel secara otomatis dengan mengubah berbagai pengaturan. Buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Ketuk Optimalkan sekarang.

2. Copot aplikasi pihak ketiga yang haus daya

7 Cara mengatasi baterai ponsel Samsung Galaxy yang cepat habis foto: techno.id/yani andriyansyah

Lihat aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan baterai ponsel kamu. Mencopot pemasangan aplikasi tersebut jika kamu tidak menggunakannya adalah tindakan terbaik yang harus dilakukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang boros daya, buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Baterai > Menggunakan sejak pengisian penuh terakhir. Daftar aplikasi akan muncul dengan peringkat yang paling rakus energi. Copot pemasangan aplikasi dari bagian Aplikasi Pengaturan > Aplikasi.

Pilihan lainnya adalah mematikan aplikasi yang tidak digunakan. Ini mencegah aplikasi berjalan di latar belakang yang menghasilkan lebih sedikit daya yang digunakan. Buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Baterai > Batas penggunaan latar belakang. Alihkan Alihkan aplikasi yang tidak digunakan ke mode tidur untuk mengaktifkan.

3. Gunakan mode gelap

Beberapa ponsel Samsung Galaxy menggunakan layar AMOLED yang lebih hemat energi. Buka aplikasi Pengaturan > Tampilan. Pilih mode Gelap.

4. Matikan fitur Always On Display

7 Cara mengatasi baterai ponsel Samsung Galaxy yang cepat habis foto: techno.id/yani andriyansyah

Always On Display menghabiskan baterai ponsel. Untuk menonaktifkannya, buka aplikasi Pengaturan > Kunci layar. Matikan Always On Display atau jadwalkan agar aktif selama waktu tertentu. Kamu mungkin perlu mematikan mode hemat daya sebelum dapat menonaktifkan Always On Display.

5. Resolusi layar tinggi

7 Cara mengatasi baterai ponsel Samsung Galaxy yang cepat habis foto: techno.id/yani andriyansyah

Model Samsung Galaxy tertentu menggunakan resolusi layar yang lebih tinggi. Meskipun ini menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik, tetapi fitur ini menggunakan lebih banyak baterai.

Kamu dapat menurunkan resolusi dengan menuju ke aplikasi Pengaturan > Tampilan > Resolusi layar. Pilih salah satu HD + atau FHD+. WQHD + kemungkinan besar sudah disetel yang merupakan jenis tampilan dengan kualitas terbaik dan paling haus baterai.

6. Kecepatan refresh layar tinggi

7 Cara mengatasi baterai ponsel Samsung Galaxy yang cepat habis foto: techno.id/yani andriyansyah

Beberapa ponsel Samsung Galaxy dapat menampilkan lebih tinggi dari 60 Hz, menciptakan animasi yang sangat halus. Kecepatan refresh layar ini dapat diturunkan untuk masa pakai baterai yang lebih baik. Buka aplikasi Pengaturan > Tampilan > Kelancaran gerakan. Ubah ke Standar dari Tinggi.

7. Degradasi baterai

Masa pakai baterai ponsel kamu mungkin sangat berkurang. Pertimbangkan untuk mengganti baterai.

(brl/red)