Fitur Circle to Search akan tersedia di Chrome versi desktop menggunakan Google Lens   

Fitur Circle to Search akan tersedia di Chrome versi desktop menggunakan Google Lens   

Techno.id - Fitur Circle to Search, salah satu fitur AI terbaru Google, saat ini mungkin bisa kamu temukan pada perangkat Samsung Galaxy S24. Fitur ini memungkinkan kamu menemukan beragam hal secara online hanya dengan melingkari gambar yang ada.

Fitur serupa juga dimiliki Microsoft melalui Circle to Copilot. Nah sekarang fitur ini kabarnya juga akan tersedia di Google Chrome versi desktop. Beberapa penguji beta sekarang dapat memanfaatkan fitur ini melalui Google Lens.

Penggunaan fitur Circle to Search cukup sederhana. Kamu dapat melingkari apa pun yang kamu lihat di layar, lalu kamu akan dibawa ke Google Gemini untuk mencarinya secara online.

Setelah kamu mengklik tombol Cari dengan Google Lens di dekat bilah ekstensi Chrome, tanda plus akan muncul, seperti yang ada di Snipping Tool. Fitur ini memungkinkan kamu memilih area mana pun di layar untuk ditelusuri dengan Lens.

Fitur baru

Tampaknya Google Lens akan segera mendapatkan dua fitur baru yang menghadirkan fungsionalitas Circle to Search seperti pada ponsel lama. Awal tahun ini, Google memperkenalkan fitur baru bernama Circle to Search yang memungkinkan pengguna menelusuri apa pun yang mereka lihat di layar ponsel tanpa berpindah aplikasi.

Seperti disebutkan di atas, saat ini fitur tersebut terbatas pada seri Google Pixel 8 dan Samsung Galaxy S24. Sementara seperti dilaporkan Android Authority, Google Lens juga menawarkan fungsi serupa pada ponsel lama. Laporan itu juga menyebutkan bahwa aplikasi tersebut mungkin akan segera mendapatkan dua fitur baru yang membuatnya lebih berguna.

Selama pembongkaran APK Google app v15.18.30.29 beta, tercatat Google Lens mungkin akan segera mengizinkan pengguna memilih video dan mencari konten dalam video tertentu. Ternyata, Google juga telah menambahkan kontrol putar dan jeda di sudut kanan atas sehingga pengguna dapat dengan mudah menavigasi ke bingkai pilihan mereka.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Google berencana untuk menambahkan tombol terjemahan ke jendela bidik aplikasi Google Lens, yang akan terlihat di sudut kanan bawah layar. Jika kamu mengetuknya sekali, itu akan membuka mode terjemahan. Untuk kembali ke mode normal, ketuk dua kali.

Meskipun Google Lens sudah memungkinkan pengguna menerjemahkan teks, pengguna harus beralih ke tab terjemahkan untuk melakukannya. Namun, tombol terjemahkan yang baru mungkin lebih nyaman karena memerlukan lebih sedikit klik.

Awal tahun ini, raksasa teknologi tersebut meluncurkan fitur baru yang secara otomatis menyimpan gambar saat kamu menggunakannya untuk mencari informasi menggunakan pintasan Lens di aplikasi Google. Pada Oktober 2023, Google memperkenalkan banyak fitur baru yang membantu siswa memecahkan persamaan matematika dan memvisualisasikan model fisika, kimia, dan biologi dalam 3D.

(brl/red)