Facebook "getol" tanam modal ke startup India, apa alasannya?

Facebook "getol" tanam modal ke startup India, apa alasannya?

Techno.id - Semenjak meluncurkan FBStart, sebuah program pemberian dana kepada pengembang aplikasi mobile di seluruh dunia pada Mei 2014 lalu, Facebook dikabarkan lebih banyak menanamkan dananya kepada startup di India. Dari total Rp691,5 miliar dana yang disiapkan untuk pengembang di kawasan Asia Pasifik, hampir Rp276 miliaran yang diberikan kepada pengembang aplikasi mobile di negara yang termasuk dalam wilayah Asia Selatan tersebut.

Untuk langkahnya ini, Facebook berdalih punya alasan tersendiri. Menurut perusahaan di bawah asuhan Mark Zuckerberg tersebut, India merupakan wilayah paling potensial untuk Facebook. Pasalnya hampir 75 persen pengembang aplikasi mobile di sana mengintegrasikan produknya dengan Facebook.

Deb Liu, Head of Commerce Facebook mengungkapkan angka tersebut cukup menjanjikan bagi perkembangan bisnis Facebook. Sebagai contoh Liu mengatakan aplikasi CardBack, sebuah aplikasi manajemen kartu kredit yang menggunakan Facebook sebagai pilihan log in. Semenjak diluncurkan, tingkat penggunaan Facebook di India meningkat stabil karena banyak warga ingin menggunakan aplikasi tersebut. Menurut Liu, untuk log in warga membutuhkan akun Facebook, sehingga mau tak mau warga yang ingin menggunakan CardBack akan menginstal dan menggunakan Facebook.

Facebook

Aplikasi CardBack 2015 businessinsider.com

(brl/red)