Daftar smartphone Samsung yang kebagian One UI 5, ini fitur utamanya

Daftar smartphone Samsung yang kebagian One UI 5, ini fitur utamanya

Techno.id - Samsung merupakan salah satu perusahaan besar yang telah menginjakkan kaki di Tanah Air sejak lama. Berbagai terobosan selalu diberikan Samsung agar setiap penggunanya bisa mendapat kenyamanan maksimal saat menggunakan perangkat. Konsistensi ini dijaga selalu oleh Samsung di semua produk yang mereka rilis.

Tak hanya berfokus menghasilkan barang elektronik unggulan, Samsung juga memberikan perawatan melalui update software yang dilakukan secara berkala. Setelah sukses merilis One UI 4.1 pada beberapa bulan lalu, kini Samsung kembali menghadirkan versi terbaru dari UI yang telah dikembangkannya.

One UI 5 yang notabene merupakan UI paling baru dari Samsung secara resmi mulai diberikan pada beberapa perangkat mereka secara berkala. Bagi pengguna S22 series mungkin sudah mulai mencicipi performa UI anyar ini dari Oktober lalu. Tidak hanya berfokus pada S22 series saja, One UI 5 juga akan mulai disematkan pada beberapa smartphone anyar Samsung. Selain mengatasi bug yang ada pada versi sebelumnya, One UI 5 yang belum lama dirilis Samsung juga memiliki banyak fitur unggulan.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (30/11), daftar smartphone Samsung yang kebagian One UI 5.

Smartphone Samsung yang kebagian One UI 5

foto: Samsung.com

Bagi pengguna smartphone Samsung keluaran terbaru tentu masih bisa merasakan update yang diberikan developer asal Korea Selatan tersebut. Sesuai yang telah dituliskan sebelumnya, Samsung memberikan update One UI 5 pada S22 series sebagai permulaan. Selanjutnya, beberapa perangkat anyar mereka yang akan mendapatkan giliran untuk menjajal performa One UI 5. Untuk membahas lebih detail smartphone Samsung apa saja yang mendapat update One UI 5, kamu bisa simak daftarnya dibawah ini.

Oktober
Galaxy S22
Galaxy S22 Plus
Galaxy S22 Ultra

November
Galaxy Z Fold4
Galaxy Z Flip4
Galaxy Z Fold3
Galaxy Z Flip3
Galaxy S21
Galaxy S21 Plus
Galaxy S21 Ultra
Galaxy Note 20
Galaxy Note 20 Ultra
Galaxy S20
Galaxy S20 Plus
Galaxy S20 Ultra
Galaxy Tab S8
Galaxy Tab S8 Plus
Galaxy Tab S8 Ultra
Galaxy Tab S7
Galaxy Tab S7 Plus
Galaxy A53 5G
Galaxy A33 5G

Desember
Galaxy Z Fold2
Galaxy Z Flip 5G
Galaxy Z Flip
Galaxy S20 FE
Galaxy S7 FE
Galaxy S6 Lite
Galaxy A52s 5G
Galaxy A51 5G
Galaxy A42 5G
Galaxy A32

Januari 2023
Galaxy Tab A7
Galaxy Tab A7 Lite
Galaxy Tab Active3
Galaxy A23
Galaxy A13
Galaxy M12
Galaxy Xcover 5

Februari 2023
Galaxy Tab Active4 Pro

Semua smartphone Samsung yang ada dalam daftar di atas akan mendapat giliran update One UI 5. Beberapa smartphone Samsung keluaran 2021 seperti Galaxy A52s 5G, Galaxy A32, Galaxy M12, bahkan yang lebih lawas seperti Galaxy A51 5G masih kebagian update One UI 5. Bagi pengguna perangkat yang tertera di atas, setidaknya bisa menjajal performa yang ditawarkan One UI 5 pada perangkat kesayangan yang selalu dipakai.

One UI 5 yang telah dirilis Samsung tentu tidak hanya penyelesaian pada bug saja. Beberapa fitur menarik juga disematkan pada update besar kali ini. Fitur yang ada pada update One UI 5 tentu memberikan kemudahan lebih dalam mengoperasikan perangkat yang ada. Pada update kali ini, setidaknya ada empat fitur yang diperhatikan secara detail oleh Samsung. Apa dia? simak ulasan berikut untuk mengetahui detail dari setiap fitur yang dibawa.

1. Bixby Text Call

Daftar smartphone Samsung yang kebagian One UI 5, ini fitur utamanya

foto: news.Samsung.com

Fitur Bixby Text Call memungkinkan setiap pengguna untuk menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan. Sederhananya, Bixby Text Call memungkinkan setiap pengguna smartphone Samsung untuk mengetikkan pesan yang kemudian diubah menjadi panggilan suara. Sedangkan penerima pesan dari Bixby Text Call bisa mendengar suara yang dikirimkan sebelumnya atau mengubahnya menjadi bentuk teks.

2. Routines

Daftar smartphone Samsung yang kebagian One UI 5, ini fitur utamanya

foto: news.Samsung.com

Sesuai namanya, Routines memberikan kemudahan bagi kamu untuk menyusun jadwal kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Routines memberikan kemudahan bagi setiap pengguna untuk menyusun jadwal kegiatan kemudian mematikan gangguan lain yang bisa mengacaukan konsentrasi pengguna smartphone Samsung. Sebagai contoh, seorang pengguna membuat jadwal tidur pada pukul 11 malam hingga 6.30 pagi pada Routines. Maka semua gangguan seperti notifikasi, panggilan masuk, dan masih banyak lagi tidak akan ditampilkan. Dengan adanya fitur itni, bagi semua orang yang ini berkonsentrasi tentu sangat terbantu.

3. Stack widget terbaru

Daftar smartphone Samsung yang kebagian One UI 5, ini fitur utamanya

foto: news.Samsung.com

Seperti pengaturan widget pada umumnya, Samsung memberikan update pada bagian ini untuk memudahkan setiap pengguna dalam mengatur apa saja yang ingin ditampilkan di sisi depan layar saat perangkat digunakan. Bisa dibilang fitur ini berfungsi bagi pengguna yang senang menggunakan shortcut. Pasalnya, kemudahan yang ditawarkan pada Stack widget terbaru memberikan keleluasaan bagi setiap pengguna untuk melakukan kustomisasi tampilan perangkat mereka.

4. Update keamanan

Daftar smartphone Samsung yang kebagian One UI 5, ini fitur utamanya

foto: news.Samsung.com

Salah satu yang selalu penting pada sebuah update One UI adalah sistem keamanan. Pada One UI 5, Samsung memberikan update besar yang membuat keamanan perangkat mengalami peningkatan. Tak hanya itu Setting keamanan juga dibuat sesederhana mungkin agar setiap pengguna bisa mengoperasikannya dengan lebih mudah.


(brl/guf)