Cyber security butuh stakeholder guna pecahkan masalah

Cyber security butuh stakeholder guna pecahkan masalah

Techno.id - Saat ini, Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pasar online tercepat di Asia-Pasifik. Sayangnya, hal tersebut masih belum diimbangi dengan ancaman malware yang akan selalu mengintai industri online.

IDSIRTII mencatat bahwa di Indonesia, ada peningkatan jumlah malware yang tengah menarget online banking sebagai sasaran. Saat ini, pemerintah bersama National Security Agency tengah mendukung mekanisme cyber defense.

Rajeah Singh selaku Direktur Biro Regional Asia-Pacific Internet Society mengatakan, meningkatnya konektivitas dengan internet dan keterhubungan antar perangkat sangatlah penting untuk menyatukan negara yang menggunakan teknologi informasi untuk pertumbuhan ekonomi sosial.

Di lain pihak, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengungkapkan bahwa cyber security merupakan isu utama saat ini dan Indonesia sudah saatnya untuk menemukan penyelesaian atas permasalahaan ini yang mengarah pada terbentuknya Badan Cyber Nasional.

Ia pun menegaskan bahwa meski pemerintah memiliki kewenangan, bukan berarti pemerintah dapat berjalan sendiri. Artinya, diperlukan andil dari berbagai stakeholder untuk mengatasi permasalahan dalam cyber security.

(brl/red)