CEO YouTube Susan Wojcicki mengundurkan diri, ingin fokus pada keluarga

CEO YouTube Susan Wojcicki mengundurkan diri, ingin fokus pada keluarga

Techno.id - CEO YouTube Susan Wojcicki mengundurkan diri dari jabatannya setelah hampir sembilan tahun memimpin platform berbagi video tersebut. Posisinya akan digantikan wakilnya, Neal Mohan yang kini menjabat Chief Product Officer sekaligus Wakil Presiden Senior untuk bisnis video dan iklan di Google.

Dengan semua yang kami lakukan di seluruh video pendek, streaming, dan langganan, bersama dengan janji-janji AI, peluang YouTube yang paling menarik ada di depan, dan Neal adalah orang yang tepat untuk memimpin kami, ujar Wojcicki yang dimuat dalam catatan perpisahannya di blog YouTube seperti dilansir BBC.com, Jumat (17/2/2023).

Wojcicki menambah panjang daftar tim eksekutif asli Google yang mengundurkan diri, mengikuti jejak pendiri Larry Page dan Sergey Brin yang mundur pada 2019 silam.

Perjalanan karier Wojcicki di Google

CEO YouTube Susan Wojcicki mengundurkan diri, ingin fokus pada keluarga Instagram @susanwojcicki

Rekam jejak Wojcicki cukup panjang di Google. Tercatat ia menghabiskan waktu 25 tahun di perusahaan tersebut. Ia juga arsitek di balik akuisisi Google terhadap YouTube.

Wojcicki mulai bergabung dengan Google ketika para pendirinya, Sergey Brin dan Larry Page, mendirikan kantor di garasi rumahnya di Silicon Valley pada tahun 1998. Wojcicki menjadi manajer pemasaran pertama Google setahun kemudian.

Sebagai karyawan Google selama hampir 25 tahun, ia termasuk di antara 20 karyawan pertama di perusahaan teknologi raksasa tersebut-terdaftar di nomor 16.

Nah selama bekerja di YouTube, ia banyak menghadapi kritik publik atas penanganan moderasi konten di platform tersebut, termasuk soal penyebaran informasi yang salah, dan kekhawatiran atas privasi anak. Organisasi pemeriksa fakta di seluruh dunia mengatakan bahwa YouTube tidak melakukan cukup banyak hal untuk mencegah penyebaran informasi yang salah di platform tersebut.

Ketika ia bergabung denganYoutube pada tahun 2014, platform ini baru saja mencapai tonggak sejarah satu miliar pengguna. Saat ini, YouTube memiliki 2,5 miliar pengguna di seluruh dunia dengan banyak kreator atau YouTuber, yang sukses mengukir karier dari saluran masing-masing.

Salah satu perempuan berpengaruh

CEO YouTube Susan Wojcicki mengundurkan diri, ingin fokus pada keluarga

Susan Wojcicki bersama tim Youtube (Instagram @susanwojcicki)

Wojcicki sering disebut-sebut sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di perusahaan raksasa teknologi. Wojcicki mundur di tengah-tengah perang perusahaan teknologi yang sedang berlomba-lomba mengembangkan Artificial Intelligence (AI) di mana saat ini Microsoft disebut-sebut memimpin dengan proyek OpenAI-nya.

Dalam catatan perpisahannya di blog YouTube, Wojcicki mengatakan bahwa ia berharap dapat memulai babak baru yang berfokus pada keluarga, kesehatan, dan proyek-proyek pribadinya.

Lantas, ke mana Wojcicki setelah ini? Kabarnya ia mendapat tawaran dari CEO Alphabet (perusahaan induk Google) Sundar Pichai untuk menjadi penasihat di Google dan Alphabet.

(brl/red)