Cara menemukan IP address di Windows 10 dan 11, identitas perangkat yang kamu gunakan

Cara menemukan IP address di Windows 10 dan 11, identitas perangkat yang kamu gunakan

Techno.id - Internet Protocol (IP) address adalah deretan angka unik yang dimiliki perangkat keras maupun lunak yang berhubungan dengan telekomunikasi. Contohnya dapat berupa perangkat komputer, telepon genggam, atau server website. Nah IP address juga dapat diibaratkan sebagai alamat rumah atau nomor telepon perangkat.

Nah IP adress ini merupakan identitas yang berfungsi mempermudah jalinan komunikasi perangkat yang terkoneksi dengan internet. Setiap perangkat memiliki IP address-nya masing-masing, contohnya saja Google yang memiliki IP address 74.125.224.72. Setiap pemilik website dan WiFi juga dapat mengetahui semua IP address penggunanya.

IP adress terbagi dalamduakategori, yaitu publik dan lokal. IP address publik dapat diakses dengan layanan internet, biasanya dimiliki perangkat-perangkat yang juga bersifat publik seperti server website, server email, dan juga WiFi. Sedangkan untuk IP address lokal, biasanya digunakan untuk komunikasi pada jaringan lokal, contoh, adalah laptop, PC, dan ponsel.

Cara menemukan IP address di Windows 10 dan 11, identitas perangkat yang kamu gunakan (Foto: Freepik.com/jannoon028)

Banyak pengguna Windows yang belum mengetahui IP address baik publik maupun lokal. Padahal IP address lokal bisa ditemukan di dalam perangkat Windows itu sendiri. Lain halnya dengan IP address publik yang harus menggunakan layanan internet. Techno.id sudah merangkum bagaimana cara menemukan IP address di perangkat Windows baik versi 10 atau 11.

Pertama-tama, kalau kamu ingin tahu IP address publik dari Google, cukup ketik "What's my IP" di kolom pencarian Google Search. Nanti akan muncul angka

Lain halnya jika kamu ingin mengetahui IP address privat di perangkat Windows. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama cari pengaturan di perangkat laptop, lalu pilih opsi Network & Internet dan klik opsi Properties.

Cara kedua, kamu bisa menggunakan layanan command prompt yang tersedia di perangkat Windows 10 maupun 11. Cukup ketik ipconfig untuk mengetahui IP address lokal atau ketik ifconfig.me/ip untuk IP address publik.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)