Benarkah dinosaurus pernah "nge-fly" karena memakan jamur ini?

Techno.id - Jauh sebelum narkotika disalahgunakan oleh manusia, nyatanya tanaman yang bisa menghadirkan efek tinggi (high) sudah ada sejak jutaan tahun lalu. Bahkan, dinosaurus yang hidup di zaman itu diduga turut mengonsumsinya.

Anggapan itu menyeruak setelah peneliti menemukan sebuah fosil jamur api (ergot) yang kira-kira telah berusia 100 juta tahun. Parasit yang menyerang tumbuhan dan rerumputan itu bisa menimbulkan efek beracun dan mengacaukan pikiran ketika dikonsumsi. Dalam catatan sejarah, dulu manusia juga pernah secara tidak sengaja mengonsumsi jamur api itu saat menjangkiti gandum hitam dan tanaman padi-padian lain. Dampaknya, mereka pun mengalami kejang otot dan halusinasi.

Temuan yang telah dipublikasikan melalui jurnal Palaeodiversity tahun 2015 ini, sayangnya, belum bisa mengungkap secara pasti apakah dinosaurus juga berhalusinasi pasca mengonsumsi jamur api. Namun, peneliti menduga bahwa dinosaurus pernah mencicipi parasit tersebut. Pasalnya, parasit ini diduga telah menghinggapi tumbuhan sekitar lebih dari 200 juta tahun yang lalu. Era tersebut lebih tua dari periode Jura; masa ketika dinosaurus herbivor berukuran besar, seperti Diplodocus dan Brachiosaurus, merajai Bumi.

"Apa efek yang diterima oleh hewan masih belum bisa diketahui, tetapi saya yakin dinosaurus juga memakan rumput (yang diserang oleh parasit jamur api) itu," George Poinar Jr., seorang profesor zoologi dari Oregon State University, menerangkan.

Seperti diwartakan oleh LiveScience (10/2/15), fosil jamur api berwujud batu ambar itu ditemukan di kawasan Myanmar, tepatnya di galian pertambangan. Fosil langka tersebut kemudian diamankan oleh seorang paleontologis asal Jerman, Joerg Wunderlich.