Begini penjelasan cara kerja dan manfaat fitur pengisian daya baterai yang dioptimalkan di iPhone

Begini penjelasan cara kerja dan manfaat fitur pengisian daya baterai yang dioptimalkan di iPhone

Techno.id - Pernahkah kamu memperhatikan saat mengisi daya iPhone pada malam hari, daya baterai iPhone kamu hanya tersisa sekitar 80 persen? Itu bukan bug, tetapi adalah fitur yang disebut pengisian baterai yang dioptimalkan.

Fitur ini dirancang untuk meningkatkan daya tahan baterai bawaan ponsel, memastikannya bekerja secara optimal selama bertahun-tahun. Karena itu kamu perlu mengetahui Mengenai fitur pengisian daya baterai yang dioptimalkan, termasuk cara kerjanya, termasuk cara mengontrolnya.

Ini yang dilakukan pengisian daya baterai yang dioptimalkan

Begini penjelasan cara kerja dan manfaat fitur pengisian daya baterai yang dioptimalkan di iPhone foto: freepik/olgsera

Pengisian daya baterai yang dioptimalkan diaktifkan secara default di semua perangkat yang menjalankan iOS 13 atau yang lebih baru. Ini adalah fitur yang dirancang untuk melindungi baterai dalam jangka panjang dengan membatasi pengisian daya semalaman.

Mayoritas orang menyolok ponsel mereka ketika akan tidur, membiarkannya tetap terhubung dengan sumber listrik semalaman. Sebenarnya cara ini bukan opsi terbaik untuk baterai.

Cara ini memang tidak berbahaya, sebab ada perlindungan bawaan pada semua smartphone modern yang akan menghentikan pengisian daya baterai secara berlebihan, tetapi menjaga baterai pada tingkat pengisian 100 persen untuk waktu yang lama akan mengurangi masa pakainya.

Selain usia fisik baterai, masa pakainya juga dipengaruhi usia kimia yang ada di dalamnya. Usia kimiawi baterai dapat dipengaruhi seberapa panas baterai, serta bagaimana dan kapan kamu mengisi daya iPhone. Seiring bertambahnya usia kimiawi baterai, jumlah daya yang dapat ditampungnya perlahan-lahan akan berkurang, yang berarti kamu perlu mengisi daya lebih sering.

Untuk mengatasi hal ini, perangkat lunak Apple memantau aktivitas harian pengguna dan hanya akan mengisi daya ponsel hingga 80 persen saat dicolokkan di malam hari. Kemudian akan menunggu hingga sebelum waktu bangun tidur untuk mengisi daya hingga 100 persen.

Hanya mengisi daya hingga 80 persen akan mengurangi beban pada baterai, yang dapat membantu mengurangi penuaan kimiawi pada baterai.

(brl/red)