21 HP Xiaomi yang bisa update MIUI 13, ini fitur barunya

image

Techno.id - Sebuah sistem operasi dalam perangkat smartphone sangatlah penting perannya. Bahkan sistem tersebut akan memengaruhi bagaimana kemampuan sebuah perangkat ponsel pintar. Karena sistem tersebut merupakan sebuah perangkat lunak yang mampu mengatursumber daya dari software dan hardware agar berjalan dengan baik. Selain itu sistem operasi juga dapat memudahkan penggunanya dalam berinteraksi dengan perangkat.

Sistem operasi atau kerap disingkat OS kerap diberikan update agar perangkat dapat digunakan sesuai permintaan pasar, dan jaman. Ditambah ada banyak sistem antarmuka yang disematkan pada perangkat smartphone. Salah satu sistem interface yang sering dijumpai adalah MIUI.

MIUI merupakan sistem interface yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk produk ponsel pintar mereka. MIUI merupakan sistem operasi yang berbasis Android 12. Baru-baru ini pihak Xiaomi memberikan update untuk perangkatnya yang masih menggunakan MIUI 12, agar melakukan perubahan menjadi MIUI 13. Akan tetapi tidak semua perangkat Xiaomi dapat dirubah ke MIUI 13. Untuk itu techno.id pada Rabu (20/4) akan memberikan daftar 21 handphone Xiaomi yang bisa update MIUI 13.

MIUI 13  berbagai sumber

foto: global.miui.com

1. Redmi 9
2. Redmi 9T
3. Redmi 9A
4. Redmi 9AT
5. Redmi 9C
6. Redmi 9C NFC
7. Redmi Note 9
8. Redmi Note 9S
9. Redmi Note 9 Pro
10. Redmi Note 9T
11. Redmi Note 10 5G
12. Redmi Note 10S
13. Mi Note 10
14. Mi Note 10 Pro
15. Mi Note 10 Lite
16. Mi 10
17. Mi 10 Pro
18. Mi 10 Lite 5G
19. Mi 10T
20. Mi 10T Lite
21. Mi 10T Pro

Itulah daftar handphone Xiaomi yang dapat melakukan update ke MIUI 13. Namun perlu digaris bawahi bahwa pembaruan software MIUI 13 dilakukan secara bertahap atau over the air. Sehingga ketersediaan update MIUI 13 ditiap perangkat akan berbeda-beda.

Lalu bagaimana cara melakukan update software ke MIUI 13? Berikut langkah yang harus dilakukan oleh pengguna Xiaomi untuk melakukan pembaruan:

MIUI 13  berbagai sumber

foto: gizmochina.com

1. Silahkan untuk pergi ke menu pengaturan perangkat
2. Pilih opsi "About phone"
3. Silahkan cermati bagian "MIUI version"
4. Apabila terdapat notifikasi "Update" maka perangkat tersebut telah kebagian jatah pembaruan MIUI 13
5. Kemudian klik kolom "MIUI version"
6. Ketuk "Download update"
7. Tunggu proses pengunduhan selesai, dan pastikan perangkat tersambung dengan jaringan yang stabil
8. Selanjutnya tunggu proses pembaruan dan penyelesaian update selesai
9. Setelah itu ketuk "Reboot now"
10 Tunggu proses Reboot selesai, setelah itu secara otomatis perangkat akan update ke MIUI 13.

Tentu update sistem interface handphone Xiaomi akan memberikan dampak lebih baik bagi penggunanya. Adapun fitur baru yuang ada pada MIUI 13 meliputi:

MIUI 13  berbagai sumber

foto: gizmochina.com

1. Liquid Storage.

Liquid Storage berfungsi untuk optimalisasi penyimpanan perangkat. Sehingga ponsel yang telah lebih dari 36 bulan pemakaian tidak mengalami penurunan performa. Bahkan proses untuk membaca penyimpanan tetap dapat dilakukan dengan maksimal.

2. Atomized Memory.

Fitur Atomized Memory berfungsi untuk memberikan optimalisasi kinerja RAM. Sehingga RAM yang diapkai tetap dapat bekerja dengan baik. Selain itu, fitur tersebut dapat menutup aplikasi yang tidak lagi aktif pada bagian background. Dengan begitu akan ada ruang penyimpanan RAM kosong yang dapat digunakan.

3. Focused Algorithms.

Fitur ini memungkinan perangkat untuk memberikan daya ke fokus aplikasi yang dibuka pengguna. Sehingga apabila perangkat sedang membuka game, maka resource akan fokus tertuju pada game yang dibuka. Hal tersebut membuat performa dalam bermain game dapat maksimal.

4. Smart Balance.

Fitur Smart Balance memberikan peningkatan kemampuan untuk menyeimbangkan penggunaan daya. Sehingga daya baterai dapat digunakan secara efisien dan tetap mempunyai performa yang maksimal.

5. Sidebar.

Fitur Sidebar ditambahkan pada update MIUI 13 agar pengguna dapat dengan cepat mengakses aplikasi favorit. Fitur baru ini memungkian pengguna untuk membuka dua aplikasi atau lebih secara bersamaan. Sehingga aktivitas multitasking pengguna dapat dijalankan dengan maksimal.

6. MiSans Font

Terdapat desain huruf dengan tampilan baru untuk memudahkan penggunannya dalam memahami bahasa seperti Cina dan Inggris. Fitur tersebut memungkinkan ukuran tanda baca dapat secara otomatis menyesuaikan besar kecilnya huruf.

7. Dinamis widget.

MIUI 13 juga memberikan widget yang dapat digunakan penggunannya secara mudah. Bahkan widget ini hampir mirip dengan sistem miliki iOS 14 dan iOS 15. Bahkan ukuran dari widget dapat disesuaikan sesuai selera pengguna.

8. Live wallpaper.

Pada update MIUI 13 terdapat live wallpaper yang disematkan. Bahkan live wallpaper yang disediakan diambil dari rekaman video asli dengan resolusi 8K.

9. Dukungan kemanan.

MIUI 13 juga memberikan peningkatan pada sistem kemanan yang digunakan. Selain pengenalan wajah, sistem ini akan meneliti bentuk tubuh bagian atas dengan sistem AI yang canggih. Kemudian perangkat ini juga dapat memberikan watermark agar orisinalitas karya tetap terjaga.


(brl/guf)