Awas, hubungan yang berawal dari dunia maya rentan hancur!

image

Techno.id - Tidak ada yang bisa menebak dari mana cinta datang. Terkadang, cinta bersemi dari tempat yang tak terduga, seperti dunia maya. Akan tetapi, sebaiknya Anda berhati-hati jika sudah menjatuhkan hati pada seseorang yang Anda temui di situs pencarian jodoh. Pasalnya, hubungan melalui medium tersebut kerap tak tahan lama.

Temuan tersebut berawal dari studi yang dipublikasikan lewat jurnal Cyberpsychology, Behavior and Social Networking. Studi itu melibatkan 4.002 sampel yang tengah menjalin hubungan dengan orang yang mereka temui secara langsung maupun dari situs online dating. Ternyata dalam jangka waktu setahun, ada 32 persen sampel yang hubungannya kandas. Mereka datang dari kubu sampel pencari jodoh online. Persentase tersebut lebih tinggi sembilan persen daripada jumlah sampel yang putus pasca berkencan dengan seseorang yang mereka temui di dunia nyata.

Tak hanya itu, angka perceraian sampel yang menikahi pasangannya dari situs online dating lebih tinggi enam persen ketimbang mereka yang bertemu dengan pasangannya di dunia nyata, dengan detail persentase delapan persen berbanding dua persen.

Studi tersebut juga mengungkap tiga alasan mengapa hubungan yang bermula dari dunia nyata lebih awet ketimbang hubungan yang berpangkal dari dunia maya. Pertama, ada terlalu banyak pilihan yang tersedia di situs penyedia jasa online dating. Hal tersebut pun berdampak pada susahnya orang untuk memulai komitmen. Kemudian, interaksi di dunia maya yang kurang personal bisa berdampak pada lambatnya penjajakan masing-masing pihak. Sedangkan alasan yang terakhir ialah tidak semua pengguna dunia maya bisa lebih luwes saat berinteraksi. Pasalnya, mereka cenderung membatasi diri pada orang yang belum dikenal dan ditemui secara langsung.

Semoga studi ini bermanfaat ya buat para jomlo yang sedang mencari pendamping hidup.

(brl/red)