Awas, ada agen rahasia yang mengintai Anda di dalam butik!

Awas, ada agen rahasia yang mengintai Anda di dalam butik!

Techno.id - Aktivitas mata-mata semakin tidak terduga saja asalnya. Sekarang saja mengenali bentuk spionase sudah sulit sekali berkat kecanggihan teknologi yang dilibatkan. Anda pun harus tahu bahwa kini tak cuma manusia yang bisa menjadi mata-mata, tetapi juga benda mati seperti manekin.

Manekin, yang penggunaan luasnya hanya sebagai peraga produk fashion di toko, nyatanya bisa difungsikan lebih dari itu. Almax telah sukses mengembangkan manekin robot yang memiliki kemampuan khusus, yakni mengidentifikasi orang yang lalu lalang di hadapannya

Yap, EyeSee, sebagaimana manekin robot itu disebut, memang terlihat seperti manekin pada umumnya dari luar. Namun, manekin yang dibuat di Italia itu punya kamera khusus yang ditanamkan di salah satu bagian matanya. Kamera tersebut berfungsi untuk mengetahui umur, ras, dan jenis kelamin orang lain dengan menganalisis penampakan wajahnya saja.

"Teknologi ini bekerja berdasarkan algoritme. Sebelum diproduksi, algoritme itu sudah berisi database dari tiga juta macam wajah. Sekarang, akurasi analisis dan jumlah database-nya terus berkembang," terang Max Catanese, CEO Almax, pada Wired.

Sebenarnya, apa alasan Almax untuk membuat manekin seperti itu? Yang pertama, Almax ingin membantu toko dan butik di dunia nyata untuk mencari tahu dengan tepat siapa saja konsumen yang mereka hadapi dan siapa konsumen potensial untuk bisnis mereka. Selain dimanfaatkan sebagai alat peraga dan pengidentifikasi konsumen, manekin seharga Rp.65 juta itu juga berfungsi sebagai pengaman tambahan, mengingat kameranya juga bisa dijadikan sebagai CCTV atau kamera pengintai.

Saat ini, EyeSee sudah tersebar luas di banyak toko dan butik di Eropa dan Amerika Serikat. Kira-kira, sudah adakah toko dan butik di Indonesia yang memiliki manekin robot ini?

(brl/red)