Apple dikabarkan bakal memamerkan Project Greymatter di acara WWDC 2024

Apple dikabarkan bakal memamerkan Project Greymatter di acara WWDC 2024

Techno.id - Acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang akan mulai digelar 10 Juni mendatang, dikabarkan akan menjadi pembuktian bagi Apple untuk mengungkapkan fitur AI generative pada perangkat. Namun Mark Gurman dari Bloomberg seperti dilaporkan imore.com, mengungkapkan Apple tidak mungkin berada pada level yang sama dengan OpenAI atau Google. Tampaknya Apple akan sedikit mengalihkan fokusnya.

Menurut Gurman, Apple akan menghadirkan serangkaian peningkatan baru yang bertujuan untuk membuat hidup pengguna lebih sederhana menggunakan AI. Saat ini Apple terus melakukan pembicaraan dengan OpenAI (ChatGPT) dan Google (Gemini) untuk pemanfaatan AI genaratif.

Namun Apple dikabarkan sedang mengembangkan Project Greymatter. Ini adalah seperangkat alat AI yang akan diintegrasikan Apple ke dalam aplikasi inti seperti Safari, Foto, dan Catatan, serta mengikat ke dalam fitur sistem operasi seperti notifikasi yang ditingkatkan.

Apple dikabarkan bakal memamerkan Project Greymatter di acara WWDC 2024 foto: freepik/rawintanpin

Fitur-fitur baru ini akan diproses di perangkat sebanyak mungkin, sementara tugas yang lebih kompleks akan diteruskan ke Cloud, didukung chip M2 Ultra di pusat data. Lantas, mengenai apa yang akan disertakan fitur-fitur tersebut, Gurman memiliki daftar. Menurutnya, fitur tersebut akan tersebar di iOS 18 dan macOS 15, dengan sebagian besar fitur di perangkat akan didukung chip iPhone, iPad, dan Mac yang dirilis tahun lalu.

Mengingat iPad Pro baru-baru ini dengan fokus M4 pada AI, sepertinya iPad akan mendapatkan fitur AI. Tahun ini, pengguna Apple dilaporkan dapat mengharapkan transkripsi memo suara, retouching foto AI, dan penelusuran yang lebih cepat dan andal di Spotlight.

(brl/red)