Apple di simpang jalan, antara ChatGPT OpenAI dan Gemini untuk mendukung chatbot AI iPhone

Apple di simpang jalan, antara ChatGPT OpenAI dan Gemini untuk mendukung chatbot AI iPhone

Techno.id - Apple dilaporkan mengadakan pembicaraan dengan OpenAI tentang penggunaan teknologi AI untuk mendukung beberapa fitur yang akan hadir di iPhone akhir tahun ini. Seperti dilaporkan Bloomberg belum lama ini, pembicaraan dengan OpenAI terjadi sekitar sebulan setelah muncul laporan bahwa Apple mengadakan pembicaraan dengan Google mengenai penggunaan Gemini di iOS 18. Salah satu perusahaan yang memenangkan kontrak dapat memberi mereka posisi dominan di dunia kecerdasan buatan.

Acara tahunan Apple, Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 akan digelar Juni mendatang. Banyak orang tidak sabar, apa yang bakal ditawarkan perusahaan yang berbasis di Cupertino itu. Mereka berharap Apple akan mengumumkan atau meluncurkan sejumlah fitur AI generatif baru untuk iPhone di acara tersebut.

IOS 18 yang juga akan diumumkna di acara tersebut, diharapkan menyertakan fitur AI yang dibuat sendiri oleh Apple untuk mengimbangi persaingan penggunaan AI di dalam perangkat smartphone. Sayangnya, Apple belum membuat keputusan akhir tentang mitra mana yang akan digunakannya.

Apple di simpang jalan, antara ChatGPT OpenAI dan Gemini untuk mendukung chatbot AI iPhone foto: freepik/perezfotografia

Sebagai informasi, Apple sebagian besar absen dari percakapan AI sepanjang tahun 2023. Sederhananya, Apple terlambat ke pesta AI. Karena itu sekarang diharapkan Apple bisa merilis AI generatif pertamanya pada pertengahan tahun 2024.

Apple juga dilaporkan selama ini berjuang secara internal untuk mengembangkan produk yang mirip dengan ChatGPT. Chatbot AI internal, yang dijuluki Apple GPT tersebut dikabarkan lebih rendah daripada model terkemuka di pasaran saat ini. Namun, Apple baru-baru ini membatalkan proyek internal lainnya untuk memfokuskan kembali upaya AI generatifnya.

Dengan mengandalkan Google atau OpenAI, Apple dapat menghindari beberapa kelemahan utama yang dialami ChatGPT dan Gemini dalam meluncurkan chatbot AI mereka sendiri. Misalnya saja, generator gambar AI Gemini masih menolak untuk membuat gambar orang mana pun berbulan-bulan setelah Google memilih untuk menjeda fitur tersebut. Namun, Apple juga bisa menjadi lebih bergantung pada pesaing dengan mengalihdayakan AI-nya ke Google atau OpenAI.

Apple di simpang jalan, antara ChatGPT OpenAI dan Gemini untuk mendukung chatbot AI iPhone foto: apple/google

Kemitraan Apple akan memberikan keuntungan besar bagi penyedia AI yang memenangkan kesepakatan. Bagi OpenAI, itu bisa berarti startup tersebut bermitra dengan Microsoft dan Apple, memberinya posisi dominan di dunia AI. Sementara bagi Google, itu bisa memperbarui kepercayaan pada AI Gemini setelah debut yang agak memalukan.

(brl/red)