Apple akhirnya menambahkan fitur layar beranda iOS seperti yang telah dimiliki Android selama 15 tahun

Apple akhirnya menambahkan fitur layar beranda iOS seperti yang telah dimiliki Android selama 15 tahun

Techno.id - Sementara penggemar iOS dan Android sering menyindir tentang satu ekosistem yang mencuri fitur dari ekosistem lainnya, Apple akhirnya menambahkan fitur ke iOS yang pertama kali diluncurkan Android 15 tahun lalu.

Untuk pertama kalinya, iOS 18 akan memungkinkan pengguna mengatur ulang ikon aplikasi dengan lebih bebas di layar beranda, membuat kolom kosong, baris kosong, dan ruang terbuka di antara aplikasi. Ikon masih akan dikunci ke kisi, seperti di Android, tetapi aplikasi tidak akan lagi berpindah secara otomatis untuk mengisi ruang kosong.

Kemampuan untuk memindahkan ikon ke lokasi mana pun sambil meninggalkan ruang terbuka telah ada di Android sejak awal. Kabar ini pertama kali dilaporkan MacRumors, yang mengutip dari Bloomberg yang menyebutkan Apple akan menghadirkan layar beranda yang lebih dapat disesuaikan.

Jika ini memang benar, iOS 18 akan menjadi peningkatan yang cukup besar bagi pengguna Apple. Mark Gurman dari Bloomberg mencatat bahwa sistem operasi baru terlihat di dalam perusahaan sebagai salah satu pembaruan iOS terbesar dalam sejarah Apple.

Bloomberg juga mengungkapkan bahwa meskipun Apple memiliki model AI sendiri, perusahaan tersebut dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk membawa Google Gemini ke iPhone akhir tahun ini. Selain peningkatan AI baru, kemungkinan besar iOS 18 pada akhirnya akan menghadirkan sms RCS ke perangkat Apple. Dikabarkan Apple akan mengumumkan iOS 18 di WWDC, konferensi pengembang tahunannya, pada Juni 2024.

(brl/red)