Chipset iPhone 16 Pro dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan AI

Chipset iPhone 16 Pro dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan AI

Techno.id - Tampaknya Apple semakin serius untuk melengkapi fitur kecerdasan buatan (Artificial Inteliigence/AI) untuk perangkat iPhone. Bahkan dikabarkan Apple sedang menyiapkan dukungan AI untuk lini iPhone 16.

Seperti dilansir 9to5Mac, Apple saat ini sedang mempersiapkan iPhone 16 dengan RAM dan penyimpanan tambahan untuk membantu fitur AI. Malah Apple kabarnya akan membekali lini iPhone 16 dengan chipset A18 Pro untuk meningkatkan AI pada perangkat.

Menurut catatan analis Jeff Pu di Haitong International Tech Research, A18 Pro akan menampilkan area mati yang lebih besar dibanding dengan A17 Pro, yang bisa menjadi tren untuk komputasi AI edge.

Edge AI mengacu pada pelaksanaan tugas AI di ponsel itu sendiri, bukan di cloud. Fitur ini bermanfaat karena bisa lebih cepat dan tidak memerlukan koneksi internet.

Namun, seperti yang dicatat 9to5Mac, meningkatkan area mati chipset untuk mencapai hal ini dapat berdampak negatif pada efisiensi energi dan pembuangan panas, sehingga dapat menimbulkan beberapa kerugian.

Perubahan chipset ini, mungkin bukan satu-satunya cara A18 Pro yang dirancang dengan mempertimbangkan AI. Kabarnya, A18 Pro juga memiliki lebih banyak inti untuk Neural Engine-nya daripada A17 Pro.

Diharapkan A18 Pro digunakan di iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, tetapi beberapa laporan menyarankan A18 Pro juga dapat digunakan di iPhone 16 standar dan iPhone 16 Plus, jadi mungkin saja keempat ponsel yang akan datang akan memiliki chipset yang berfokus pada AI.

Namun, meskipun sepertinya Apple bekerja keras pada perangkat keras yang berfokus pada AI, beberapa perangkat lunaknya mungkin diserahkan ke Google, karena laporan menunjukkan bahwa Apple dapat menggunakan Google Gemini untuk mendukung beberapa fitur AI iPhone 16.

(brl/red)