Apakah ini fosil nenek moyang manusia?

Apakah ini fosil nenek moyang manusia?

Techno.id - Masih jadi pertanyaan besar siapa sebenarnya nenek moyang manusia. Namun baru-baru ini, ada penelitian yang menjelaskan nenek moyang awal manusia. Seperti yang dilansir oleh Time.com (04/04/15), penelitian baru-baru ini menunjukkan jika kerangka manusia yang disebut 'Little Foot' yang ditemukan pada tahun 1990 ternyata hidup pada waktu yang sama dengan spesies manusia pertama yang disebut Lucy. Sehingga hal ini menunjukkan beragam jenis spesies manusia di Afrika di periode yang sama.

Para ilmuwan awalnya percaya jika Little Foot jauh lebih tua dari spesies Lucy, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature kerangka ini memiliki umur sekitar 3,7 tahun. Sedangkan Lucy diperkirakan hidup sekitar 3,2 juta tahun yang lalu dan merupakan genus dari Australopithecus afarensis yang merupakan spesies awal pejalan kaki tegak di Afrika Timur yang hidup antara 2,9 dan 4,1 juta tahun yang lalu. Selain itu, Lucy di yakini adalah nenek moyang langsung manusia yang mendahului keturunan Homo lebih dari satu juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan belum jelas untuk mengkategorikan Little Foot. Namun, penemuan ini membantu dan memberikan petunjuk pada keragaman nenek moyang manusia yang pada genus yang sama, yaitu Australopithecus.

"Dari penemuan ini, yang paling terpenting adalah kita sekarang tahu bahwa genus Australopithecus berada di Afrika Selatan di awal evolusi mereka," Ujar Darryl Granger, seorang geochronologist di Purdue University di West Lafayette kepada Live Science yang dilansir Time.com (04/04/15).

(brl/red)