Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok

Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok

Techno.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) memprediksi mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2024 mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan juga akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17% dibanding dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024.

Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Lonjakan trafik data tersebut didorong peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meluncurkan program Unparalleled Network Services Guaranteed untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas pada periode Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Program ini di antaranya dengan meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32% lebih besar dibanding rata-rata kapasitas harian. Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).

Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok foto: techno.id/yani andriyansyah

Penambahan ini juga didukung jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 10 jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam acara jumpa pers bersama media di Jakarta, Rabu (3/4) menyatakan, optimalisasi ini juga didukung jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. Indosat juga menjamin pelanggan dengan Unparalleled Network Services Guaranteed bagi seluruh pelanggan.

Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok foto: techno.id/yani andriyansyah

Untuk kesiapan program ini Indosat juga menyiapkan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) yang bekerja 24 jam. Tujuannya untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun. Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

Berdayakan perekonomian lokal

Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok foto: techno.id/yani andriyansyah

Selain memperkuat infrastruktur jaringan jelang Hari Raya Idul Fitri, Indosat juga memberdayakan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi lokal, sebagai kelanjutan program Indosat Berkah Ramadan.

Indosat telah menyalurkan sebanyak 115 Program Gerobak Berkah kepada para penjaga masjid atau musholla (marbot) yang diadakan di 57 lokasi di seluruh Indonesia. Program ini memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut.

(brl/red)