5 Alasan E-SIM lebih baik dibanding kartu SIM konvensional, gak repot saat ganti layanan operator

5 Alasan E-SIM lebih baik dibanding kartu SIM konvensional, gak repot saat ganti layanan operator

Techno.id - Dalam era digital yang semakin berkembang, teknologi komunikasi terus mengalami evolusi. Salah satu perkembangan terbaru yaitu smatphone berteknologi E-SIM, yang merupakan alternatif baru untuk kartu SIM konvensional.

E-SIM, atau Embedded Subscriber Identity Module merupakan sebuah chip yang tertanam dalam perangkat selular yang dapat digunakan selayaknya kartu SIM konvensional pada umumnya.

Berikut adalah 5 alasan versi Techno.id mengapa kamu harus mempertimbangkan menggunakanb E-SIM daripada kartu konvensional biasa, Kamis (26/10).

1. Kemudahan penggunaan

5 Alasan E-SIM lebih baik dibanding kartu SIM konvensional, gak repot saat ganti layanan operator foto: freepik/zaozaa09

E-SIM memberikan kemudahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam mengganti operator selular. Tidak perlu lagi membuka perangkat dan mengganti kartu fisik. Semua yang kamu butuhkan adalah mengunduh profil operator baru dan mengaktifkannya. Ini sangat praktis, terutama bagi mereka yang sering bepergian dan perlu menggunakan kartu SIM lokal sementara.

2. Fleksibilitas dan bebas fisik

5 Alasan E-SIM lebih baik dibanding kartu SIM konvensional, gak repot saat ganti layanan operator foto: freepik

E-SIM menghilangkan kebutuhan akan kartu SIM fisik, yang rentan hilang, rusak, atau terblokir. Kamu tidak perlu khawatir tentang kehilangan kartu fisik, dan dapat memiliki beberapa profil operator dalam satu perangkat tanpa perlu memasukkan banyak kartu fisik. Hal ini membuat pengaturan ponsel lebih sederhana dan efisien.

3. Dukungan untuk dual SIM

5 Alasan E-SIM lebih baik dibanding kartu SIM konvensional, gak repot saat ganti layanan operator foto: freepik/macrovector

Sebagian besar ponsel yang mendukung E-SIM juga mendukung dual SIM. Hal ini memungkinkan pengguna memiliki dua nomor telepon dalam satu perangkat tanpa perlu mengganti kartu fisik. Ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki nomor kerja dan pribadi, atau bagi yang sering bepergian ke luar negeri.

4. Kemampuan untuk mengganti layanan operator dengan mudah

5 Alasan E-SIM lebih baik dibanding kartu SIM konvensional, gak repot saat ganti layanan operator foto: freepik

Dengan E-SIM, kamu dapat dengan cepat mengganti layanan operator tanpa perlu pergi ke gerai fisik. Ini berguna jika kamu menemukan penawaran yang lebih baik atau jika tidak puas dengan layanan operator saat ini. Kamu dapat dengan mudah mengunduh profil operator baru dan mengaktifkannya.

5. Lebih ramah lingkungan

5 Alasan E-SIM lebih baik dibanding kartu SIM konvensional, gak repot saat ganti layanan operator foto: freepik

E-SIM membantu mengurangi limbah plastik yang dihasilkan kartu SIM fisik. Kartu SIM konvensional seringkali harus diganti ketika kamu mengganti operator. Dengan E-SIM, kamu tidak perlu lagi menghasilkan sampah plastik tambahan, yang merupakan langkah kecil namun positif dalam menjaga lingkungan.

Meskipun E-SIM memiliki sejumlah keunggulan, tidak semua operator dan perangkat mendukungnya sepenuhnya saat ini. Namun, seiring berjalannya waktu, diharapkan E-SIM akan semakin diterima dan tersedia secara luas, memberikan lebih banyak fleksibilitas dan kemudahan kepada pengguna ponsel di seluruh dunia.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)