4 Catatan Google tentang menjalani Ramadan, dari resep takjil sampai teman mudik

4 Catatan Google tentang menjalani Ramadan, dari resep takjil sampai teman mudik

-

1. Teman puasa

4 Catatan Google tentang menjalani Ramadan, dari resep takjil sampai teman mudik (Foto: Google)

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan diri, dan menjalankan segala amalan baik. Di Google Search, dengan mengetik keyword Ramadan kamu dapat menemukan berbagai informasi dari mulai berita terkini terkait Ramadan, ucapan, hingga jadwal sholat dan beragam informasi lainnya untuk membantu kamu beribadah dan merencanakan kegiatan di bulan Ramadan hingga Hari Raya.

Selain itu ketika kamu membuka Google Play di smartphone, akan ada laman khusus yang menyajikan aplikasi pilihan, seperti Al-quran digital, qibla finder dan masih banyak lagi untuk menemani ibadah kamu selama berpuasa. Setelah seharian menahan haus dan lapar, menyajikan hidangan spesial untuk keluarga saat berbuka merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Kamu juga dapat menemukan berbagai aplikasi rekomendasi yang menyajikan resep masakan spesial, yang dapat dicoba di rumah.

2. Teman ngabuburit

4 Catatan Google tentang menjalani Ramadan, dari resep takjil sampai teman mudik (Foto: Google)

Salah satu tradisi khas di bulan Ramadan yang tak bisa lepas dari orang Indonesia adalah ngabuburit. Momen menghabiskan waktu di sore hari sambil menunggu waktu berbuka ini merupakan momen yang dinantikan banyak orang untuk rehat sejenak dari aktivitas yang melelahkan. Google Arts & Culture kembali merilis Art Coloring BookRamadan and Eid Edition, yang memungkinkan semua orang belajar dan mewarnai karya seni favorit mereka langsung di situs atau aplikasi. Jika tidak memiliki aplikasinya, kamu bisa menemukannya di beranda Google, dengan kata kunci Ramadan.

Tidak hanya Google Art & Culture, Google Play juga menyediakan berbagai rekomendasi aplikasi, game menghibur, dan promo spesial khusus Ramadan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu luang yang dapat membantu kamu menemukan aktivitas ringan bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka.

3. Teman mudik

4 Catatan Google tentang menjalani Ramadan, dari resep takjil sampai teman mudik (Foto: Google)

Mudik merupakan budaya khas Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri, ajang kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama orang-orang terdekat adalah momen yang paling dinantikan setelah setahun bekerja diperantauan dan jauh dari keluarga. Tak jarang hal ini menimbulkan lonjakan kepadatan arus lalu lintas.

Oleh karena itu mempersiapkan diri dan bekal perjalanan dengan baik wajib dilakukan para pemudik. Untuk menemukan rute mudik terbaik, kamu dapat menggunakan Google Maps untuk mengecek peraturan lalu lintas terkait mudik seperti penutupan jalan, one-way dan contraflow.

Seiring dengan mulai meningkatnya pengguna kendaraan listrik di Indonesia, kini dengan Google Maps, kamu dapat mengetahui posisi tempat pengisian bahan bakar listrik, dengan mengetik EV charging stations di Google Search atau Google Maps. Selain itu Pemudik juga bisa mengecek fasilitas temporer dan permanen yang relevan seperti masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, dan bengkel kendaraan.

4. Teman Hari Raya

4 Catatan Google tentang menjalani Ramadan, dari resep takjil sampai teman mudik (Foto: Google)

Lebaran dimaknai sebagai bentuk rasa syukur, kegembiraan, juga hasil dari refleksi diri selama sebulan penuh. Di Indonesia Lebaran tidak terlepas dari budaya berkunjung ke rumah kerabat dan sanak saudara. Gunakan saat berkumpul bersama ini dengan kegiatan yang menyenangkan. Kamu dapat mencari inspirasi permainan keluarga dari YouTube untuk dapat dimainkan bersama keluarga.

Yang spesial dari momen menjelang Lebaran adalah mempersiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik dari apa yang akan dikenakan hingga apa yang harus dibawa di hari Lebaran. Di Google Play Store kamu dapat menemukan berbagai rekomendasi marketplace yang menjual berbagai kebutuhan. Kamu juga dapat mencari keperluan langsung dengan Google Lens melalui fitur Shopping dan dapatkan inspirasi lainnya.

(brl/red)