Cara pantau arus mudik lebaran pakai aplikasi Travoy, nggak ribet

Cara pantau arus mudik lebaran pakai aplikasi Travoy, nggak ribet

Techno.id - Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Arus mudik kian ramai karena banyak orang ingin mengunjungi sanak saudara di kampung halaman masing-masing. Berbagai persiapan telah dilakukan, bahkan mungkin bagi sebagian orang persiapan sudah dilakukan dari jauh-jauh hari.

Salah satu fenomena yang akan ditemui ketika mudik lebaran adalah macet. Macet sudah menjadi hal umum ketika lebaran hampir tiba. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari macet yang dihadapi, salah satunya menggunakan aplikasi pemantau CCTV. Pada tahun 2021, PT Jasa Marga Tbk merilis sebuah aplikasi baru yang berfungsi untuk mendeteksi wilayah macet melalui CCTV.

Aplikasi tersebut dinamai Travoy. Aplikasi terbaru yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi jalan raya melalui CCTV, bagaimana caranya, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (30/4), Cara pantau arus mudik lebaran menggunakan aplikasi Travoy.

Cara pantau arus mudik lebaran menggunakan Travoy.

Cara pantau arus mudik lebaran pakai aplikasi Travoy, nggak ribet

foto: play.google.com

Untuk bisa menggunakan Travoy dengan mudah dan lancar, kamu perlu memperhatikan paket internet yang kamu gunakan, hidupkan lokasi pada perangkat, dan persentase baterai.

Semakin cepat koneksi internet yang kamu miliki, semakin cepat juga kamu bisa menggunakan Travoy. Lokasi berfungsi untuk mengetahui dimana kamu berada agar Travoy bisa menampilkan CCTV yang ada. Sedangkan baterai perlu kamu periksa karena Travoy memerlukan cukup banyak baterai.

Untuk mulai menggunakan Travoy, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

1. Download aplikasi Travoy pada perangkat yang kamu miliki.
2. Setelah terdownload, silakan buat akun terlebih dahulu, disarankan menggunakan akun Facebook agar proses pembuatan akun lebih cepat.
3. Setelah berhasil membuat akun dan login pada aplikasi Travoy, klik bagian CCTV.
4. Jika perangkat yang kamu gunakan diminta untuk mengaktifkan lokasi, maka klik izinkan.
5. Pilih rute yang ingin kamu lalui untuk mudik.
6. Tunggu hingga Travoy menampilkan rute yang kamu inginkan.
7. Setelah Travoy menampilkan rute yang kamu inginkan, klik ruas tol yang kamu inginkan pada ikon CCTV yang ada.
8. Tunggu hingga Travoy menampilkan arus mudik yang terpantau melalui CCTV.

Dengan mengetahui arus lalu lintas pada ruas tol melalui aplikasi Travoy, kamu bisa memilih alternatif jalan lain untuk menghindari kemacetan yang disebabkan oleh banyaknya pengguna jalan ketika mudik tiba.


(brl/guf)