Ini alasan mengapa bermain game sambil berdiri jauh lebih sehat

Ini alasan mengapa bermain game sambil berdiri jauh lebih sehat

Techno.id - Kamu seorang gamers? Berapa jam dalam sehari kamu duduk bermain game? Jika kamu menghabiskan waktu berjam-jam bermain game sambil duduk, sekarang sudah saatnya kamu mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Ternyata bermain game sambil terus duduk akan menyebabkan gangguan kesehatan. Kini saatnya mempertimbangkan untuk bermain game sambil berdiri.

Bahayanya bermain game sambil duduk berjam-jam

Ini alasan mengapa bermain game sambil berdiri jauh lebih sehat foto: freepik/snowing

Duduk dalam waktu lama bisa mengakibatkan peningkatan risiko obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Dalam sebuah artikel yang dirilis Harvard Health Publishing, Yale Medicine, dan WebMD akan membantu memotivasi kamu untuk menghabiskan lebih sedikit waktu untuk duduk. Sebaliknya kamu harus mulai mempertimbangkan lebih banyak waktu untuk berdiri.

Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit punggung dan masalah tulang belakang (terutama jika kamu tidak memiliki kursi ergonomis yang baik. Karena itu mengurangi waktu yang kamu habiskan untuk duduk dapat memberikan manfaat kesehatan.

Lantas mengapa harus berdiri? Dalam artikel yang disebutkan di atas, berdiri dapat membakar lebih banyak energi, meningkatkan sirkulasi yang lebih baik, dan mencegah kamu membungkuk, yang menyebabkan masalah postur tubuh.

Memang, berdiri tidak akan secara ajaib membuat kamu menjadi bugar seperti yang disebutkan dalam salah satu artikel Harvard di atas karena hanya membakar sedikit lebih banyak kalori per jam daripada duduk.

Manfaat bermain game sambil berdiri

Ini alasan mengapa bermain game sambil berdiri jauh lebih sehat foto: freepik/arthurhidden

Berdiri bisa membuat kamu merasa lebih waspada. Selain itu dengan berdiri, kamu tidak akan jatuh ke dalam perangkap membungkuk selama berjam-jam.

Saat kamu bermain game sambil berdiri, maka kamu akan lebih sadar waktu. Berbeda jika kamu bermain sambil duduk, apalagi jika dudiuk di sofa yang empuk, tanpa kamu sadari, kamu sudah menghabiskan waktu berjam-jam di depan perangkat dalam keadaan membungkuk. Cara ini akan memengaruhi tulang belakang kamu lho.

Memang bermain game sambil berdiri mungkin agak tidak nyaman pada awalnya, Namun pada akhirnya kamu akan terbiasa jika sudah sering melakukannya.

(brl/red)