4 Tips dan trik Nintendo Switch, fitur tersembunyi yang perlu kamu ketahui

4 Tips dan trik Nintendo Switch, fitur tersembunyi yang perlu kamu ketahui

Techno.id - Nintendo Switch adalah salah satu perangkat game genggam terbaik. Tapi tahukah kamu bahwa pada perangkat ini ada sejumlah fitur praktis yang terkubur dalam pengaturan yang mungkin terlewatkan.

Jadi, jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal dari Nintendo Switch, berikut bebefrapa tips dan trik yang perlu kamu ketahui dari perangkat ini.

1. Aktifkan mode gelap

4 Tips dan trik Nintendo Switch, fitur tersembunyi yang perlu kamu ketahui foto: nintendo

Nintendo Switch memiliki mode gelap rahasia yang terkubur di dalam pengaturan. Dengan mengubah warna latar belakang dari putih menjadi hitam, maka dapat melindungi mata kamu saat bermain dalam gelap. Selain itu, mode gelap juga dapat memaksimalkan masa pakai baterai jika kamu menggunakan model Switch OLED.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Tema > Hitam Dasar. Jika kamu bukan penggemar tampilan baru, dapat dengan mudah kembali ke skema warna lama dengan mengikuti langkah-langkah yang sama, tetapi memilih Putih Dasar.

2. Aktifkan zoom

4 Tips dan trik Nintendo Switch, fitur tersembunyi yang perlu kamu ketahui foto: nintendo

Dengan Nintendo Switch yang memiliki layar sekecil itu dibanding TV standar, terkadang sulit untuk membaca teks berukuran kecil. Untungnya, Nintendo telah menyertakan mode aksesibilitas yang disebut Zoom untuk mengatasi masalah ini.

Buka Pengaturan > Sistem > Zoom, lalu pilih Aktif. Sekarang setiap kali kamu mengetuk dua kali tombol beranda di Joy-Con kanan, kamu akan dapat memperbesar layar dengan menekan X, dan memperkecil melalui Y. Setelah kamu selesai memperbesar, ketuk dua kali tombol beranda sekali lagi untuk keluar.

3. Gunakan Nintendo Points untuk mendapatkan diskon

4 Tips dan trik Nintendo Switch, fitur tersembunyi yang perlu kamu ketahui foto: nintendo

Nintendo menawarkan sistem poin yang dapat memberi kamu diskon untuk pembelian digital di masa mendatang. Saat membeli game digital, kamu akan secara otomatis diberikan poin, tetapi kamu juga dapat memperoleh poin untuk pembelian fisik.

Saat kartrid game dimasukkan ke dalam sakelar, arahkan kursor ke atas game di layar beranda, lalu tekan tombol Plus. Gulir ke bawah ke Program Hadiah Nintendo Saya, lalu klik Dapatkan Poin Emas. Sayangnya, kamu harus mendaftarkan game dalam waktu dua tahun dari tanggal rilis aslinya untuk mengklaim poinnya. Jadi kamu kurang beruntung jika memiliki koleksi game lama. Jika game tersebut memenuhi syarat, kamu akan mendapatkan beberapa poin Nintendo.

4. Pilih pemetaan tombol kamu sendiri

4 Tips dan trik Nintendo Switch, fitur tersembunyi yang perlu kamu ketahui foto: nintendo

Jika kamu memiliki Xbox dan Nintendo Switch, kemungkinan besar kamu akan merasa sangat frustrasi karena tombol A dan B telah ditukar. Ini dapat merusak memori otot, sedemikian rupa sehingga dapat berdampak pada kinerja multipemain.

Ini dapat diperbaiki dengan mudah, karena Nintendo memungkinkan kamu mengubah pemetaan semua kontrol di Nintendo Switch, yang memungkinkan kamu membuat konfigurasi pengontrol yang sempurna.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Pengontrol dan Sensor > Ubah Pemetaan Tombol. Kemudian pilih Joy-Con, dan kamu akan dapat bermain-main dengan pemetaan tersebut.

Namun kamu tidak akan dapat menerapkan fungsionalitas tombol di Joy-Con kanan ke tombol di Joy-Con kiri, atau sebaliknya. Tetapi fitur ini tetap berguna bagi mereka yang memiliki tata letak pengontrol yang disukai.

(brl/red)