CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 30 November 2015 07:00

Yuk berkenalan dengan robot penolong nan baik hati dari Swedia

Robot bernama Spencer ini bakal membantu penumpang di bandara yang tersesat atau kebingungan.

Yuk berkenalan dengan robot penolong nan baik hati dari Swedia

Techno.id - Inilah Spencer, si robot baik hati asal Swedia yang siap membantu penumpang menemukan jalan atau ruangan di bandara. Ya, Spencer memang punya tugas yang cukup unik yakni menolong setiap penumpang, terutama penumpang asing di beberapa bandara benua Eropa menemukan jalan menuju ke hanggar pesawat atau toilet.

Seperti dilaporkan oleh ScienceDaily (26/11/15), robot buatan peneliti asal Orebro University Swedia ini dirancang dengan teknologi canggih yang memungkinkan robot bisa mengenali penumpang yang sedang kebingungan. Berkat sistem tersebut, Spencer kabarnya bisa dengan mudah mengenali penumpang yang sedang kebingungan dan segera dapat menolongnya dengan menunjukkan jalan atau ruangan yang sedang dicari oleh penumpang.

Tak hanya itu, Spencer pun juga bisa menjawab pertanyaan seputar lokasi di sekitar bandar dengan beragam bahasa. Sayang, peneliti belum mengumumkan secara resmi bahasa apa saja yang didukung oleh robot berwarna putih-biru ini.

Achim Lilienthal, profesor ilmu komputer yang juga pemimpin proyek ini mengungkapkan jika si Spencer bakal siap diuji coba mulai 30 November mendatang di bandara International Schiphol. Diharapkan dengan adanya robot ini, angka kekecewaan para pengunjung bandara yang sering mengeluh kebingungan saat perlu menemukan lokasi bisa dikurangi.

Sekadar informasi, robot pintar ini merupakan bagian dari program yang dikembangkan oleh Komisi Eropa untuk memberikan kemudahan layanan di beberapa bandara Eropa yang terkenal akan aktivitas penerbangan dan transitnya yang padat.

Spencer, si robot pintar © 2015 LASS Laboratoire

WHAT TO READ NEXT ?