CONNECT WITH US
Erick |
 24 November 2015 19:00

Lahan parkir habis, robot raksasa ini solusinya

Teknologi ini sudah diterapkan di Jepang sejak beberapa tahun yang lalu. Kapan Indonesia menyusul?

Lahan parkir habis, robot raksasa ini solusinya

Techno.id - Parkir mobil di kota besar semakin sulit untuk didapat. Dengan semakin sempitnya lahan, ditambah dengan bertambahnya jumlah mobil yang beredar di jalan raya, membuat pencarian lahan parkir semakin mustahil saja. Namun apa yang dilakukan oleh Jepang semenjak beberapa tahun lalu ini layak untuk dicontoh.

Seperti yang telah diberitakan oleh Tech Insider pada hari Selasa (24/11/15), Jepnag telah memberlakukan automated parking system sejak beberapa tahun lalu. Sebenarnya, tempat parkir tersebut tak lain adalah sebuah robot raksasa yang bisa mengatur mobil yang diparkir di dalamnya sehingga tak memakan banyak tempat.

Bernama Eco Park, tempat parkir mobil yang cukup pintar ini digagas oleh Giken. Idenya berawal dari semakin sempitnya lahan parkir yang ada di Jepang. Sealin itu, dengan semakin banyaknya mobil yang parkir berderet, pemandangan kota yang indah juga akan berkurang.

Pengemudi hanya tinggal memasukkan mobilnya pada slot garasi yang ada, menguncinya dari luar, dan biarkan Eco Park yang megurus sisanya. Ia akan dengan cepat mengunci ban, manjaganya tetap steady, dan meletakkan mobil Anda di slot kosong dalam hitungan waktu 2-4 menit saja setelah Anda meninggalkan mobil.

Bagaimana saat akan mengambil mobil? Well, Eco Park akan mengambil mobil yang Anda maksudkan setelah ia mengenali smart card yang Anda bawa, meletakkannya kembali di garasi, dan mendorongnya keluar pada Anda.

Robot raksasa ini bisa menampung 50 - 70 unit mobil. Terletak di lahan seluuas 65m2 saja, pengembang bisa memilih, apakah Eco Park ditanam ke dalam tanah, atau dijadikan mirip sebuah gedung bertingkat. Giekn juga telah mnerancang rangka baja robot raksasa ini agar tahan terhadap gempa yang sering mengguncang kepulauan Jepang.

Nah, bagaimana dengan Indonesia? Kapan ya tempat parkir pintar seperti ini bakal dibangun di kota-kota besar pulau Jawa yang padat? Nah, daripada penasaran, simak saja video pembangunan Eco Park berikut...

 

WHAT TO READ NEXT ?