CONNECT WITH US
Erick |
 12 Agustus 2015 14:00

Waspada, kini hacker bisa kendalikan mobil hanya dengan pesan teks!

Bisa dibayangkan kekacauan yang terjadi ketika hacker 'membajak' sebuah mobil yang sedang berjalan hanya dengan pesan teks.

Waspada, kini hacker bisa kendalikan mobil hanya dengan pesan teks!

Techno.id - Jika beberapa waktu lalu para pengguna mobil Chrysler dihebohkan dengan alat yang bisa mengendalikan mobil mereka dari jarak jauh, kini pemilik mobil dengan merk lain pun mulai merasa was-was. Pasalnya, para peneliti di San Diego telah menemukan bahwa hacker bisa mengontrol mobil lain dari jauh hanya dengan menggunakan pesan singkat.

Seperti yang diberitakan oleh Engadget pada hari Rabu (12/08/15), para peneliti tersebut telah mencoba mengendalikan sebuah mobil Corvette hanya dengan pesan teks pada ponsel Android. Bahkan, ketika mobil sedang diparkir dan tak ada seorang pun di dalamnya, menyalakan wiper pun bisa dilakukan melalui pesan singkat.

Celakanya lagi, jika hacker yang memegang device ini mengendalikan rem dari jarak jauh. Bisa dibayangkan kekacauan yang bakal terjadi bukan? Bagaimana cara mereka melakukannya?

Hal yang cukup melegakan hati adalah, untuk 'menguasai' mobil dengan pesan teks, para hacker harus memasang sebuah dongle untuk membajak kode-kode penting yang terdapat dalam mobil-mobil keluaran baru.

Tentu saja, dongle tersebut tak diperjualbelikan secara bebas. Dongle tersebut memang disediakan para produsen mobil untuk para pemilik mobil yang tak sengaja menghilangkan kunci elektrik dan harus mensetting ulang sistem yang terdapat pada mobil-mobil baru yang computerized.

Meski demikian kita masih harus tetap waspada karena selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh para hacker untuk membajak mobil yang sedang mereka incar.

 

WHAT TO READ NEXT ?