CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 11 Agustus 2015 16:00

Apple dan Xiaomi berlomba kuasai pasar smartphone India

Persaingan ketat antara Apple dan Xiaomi di India ternyata dapat berdampak baik pada sistem perekonomian negara India.

Apple dan Xiaomi berlomba kuasai pasar smartphone India

Techno.id - India merupakan negara berpenduduk 1,2 miliar dengan pertumbuhan pasar smartphone paling cepat di dunia. Pertumbuhan ini memicu dua punggawa raksasa smartphone, Apple dan Xiaomi saling berlomba untuk memastikan mereka menjadi yang terbesar di negara tersebut.

Belum lama ini, Xiaomi mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan produsen Foxconn Taiwan untuk memulai merakit handset baru di India. Keduanya sepakat akan membangun Xiaomi Redmi 2 Prime di pabrik Foxconn yang bertempat di Andhara Pradesh, India Selatan. Sayangnya, ketika dimintai keterangan perihal besar investasi atau kapasitas produksi handset tersebut, keduanya menolak mengutarakannya.

"Manufacturing smartphone lokal merupakan langkah yang signifikan dalam menjalin hubungan baik dengan India di tahun-tahun mendatang," terang Hugo Bara, Wakil Presiden Xiaomi Global (dan mantan eksekutif Google Android), seperti yang disadur dari Wired (10/8/15).

Tak diragukan lagi, kehadiran Xiaomi di India akan menjadi pijakan kuat bagi perusahaan untuk menangani persediaan yang sering membeludak. Xiaomi sepertinya sudah jenuh menjadi yang terbaik di kandang sendiri (Tiongkok). Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk membuka cabang baru dan berusaha menguasai pasar tersebut.

Mendengar hal ini, Apple tak ingin tinggal diam. Apple juga melakukan berbagai perlawanan dengan meluncurkan kampanye iklan TV, memperluas jaringan ritel, dan mempromosikan pilihan pembiayaan untuk pelanggan potensial. Mereka menunjukkan eksistensinya di India dengan menunjukkan catatan kenaikan pendapatan sebesar 93 persen dalam penjualan iPhone.

Negara India melihat perlombaan ini sebagai hubungan mutualisme. "Semakin banyak produk berlabel 'Made In India' semakin baik pula pertumbuhan ekonomi di India dan berpotensi besar menciptakan peluang kerja," kata Narendra Modi, Perdana Menteri India.

WHAT TO READ NEXT ?