CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 Desember 2015 19:00

Waduh, jumlah malware di mobile dan Mac OS terus tumbuh!

Ditambah lagi, infeksi malware di sektor mobile juga ikut meningkat.

Waduh, jumlah malware di mobile dan Mac OS terus tumbuh!

Techno.id - Berdasarkan pantauan McAfee Labs, ancaman malware pada perangkat seluler dan Mac OS terbukti terus bertambah. Anak divisi Intel Security itu memaparkan bahwa sampel total malware untuk mobile telah tumbuh 16 persen pada kuartal ketiga 2015 dari kuartal sebelumnya, yakni dari sekitar 8,5 juta sampel hingga sedikit lagi menyentuh 10 juta sampel. Tren malware seluler ini pun semakin menegaskan tren pertumbuhannya yang konsisten di sepanjang tahun 2015.

Ngerinya lagi, infeksi malware global untuk perangkat seluler juga ikut meningkat secara signifikan, yaitu sekitar 7 persen. Periode ini adalah infeksi tertinggi sepanjang 2015, karena di Q1 dan Q2 sebelumnya, infection rate-nya hanya 6 dan 2 persen saja.

Lewat laporan McAfee Labs Threats Report November 2015 itu, terpapar pula kalau malware yang mengintai pengguna Mac OS juga berkembang biak dengan sangat pesat. Pertumbuhan dari Q2 ke Q3 2015 bahkan sudah sekitar empat kali lipat hingga 30 ribu sampel. Tak ayal, total malware Mac OS yang dideteksi McAfee pun menggila menjadi 60 ribu buah.

Untuk mengantisipasi serangan malware ini, McAfee menyarankan agar user tetap meng-update teknologi antivirus terpercayanya. Untuk Mac OS, misalnya, Avast Mac Security 2015 mungkin bisa dijadikan opsi utama. Sebab antivirus tersebut dinilai sebagai antivirus terbaik untuk Mac OS X versi AV-TEST.

WHAT TO READ NEXT ?