Utamakan kesehatan dalam bekerja

Utamakan kesehatan dalam bekerja

Techno.id - Semangat kerja pada diri seseorang terkadang dapat membuatnya lupa akan satu hal yang penting, yaitu kesehatan. Bahkan, saking semangatnya, mungkin saat ini orang-orang tersebut bisa dikategorikan sebagai orang yang gila kerja. Mereka sanggup bekerja dari pagi hingga malam tanpa mengeluhkan apapun. Namun, sampai kapan tubuh Anda kuat mengimbangi gaya bekerja seperti itu?

Setiap manusia mempunyai batasan diri masing-masing. Jika Anda terlalu memaksakan tubuh untuk terus bekerja keras, bukan tak mungkin suatu ketika tubuh Anda akan jatuh sakit. Oleh karena itu, sebagai pekerja seharusnya Anda harus sadar akan alur kerja, kemampuan, dan batasan diri. Apabila Anda sudah mengenal diri Anda sendiri, maka bekerjalah sesuai kemampuan yang ada dan jangan lupa sisakan energi yang lain untuk esok hari.

Pekerjaan memang penting, tapi sehat itu lebih penting. Maka sebisa mungkin gunakan waktu luang Anda untuk beristirahat. Pasalnya, jika Anda sampai lelah karena kurang tidur, itu bisa berdampak buruk pada pekerjaan Anda. Menurut info yang didapat dari artikel yang ditulis oleh Alexander Lee diChannelNewsAsia, kurang tidur dapat memperpendek ingatan, merusak ingatan jangka panjang, dan mengurangi efek mood positif. Kurang tidur juga erat kaitannya dengan banyak isu kesehatan mental seperti insomnia, depresi, dan kecemasan.

Lebih berbahaya lagi, karena kurang tidur juga dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, gagal jantung, tekanan darah tinggi, bahkan stroke. Terlebih, jika kurangnya waktu tidur tadi ditambah dengan pola makan yang tidak baik, tentunya hal itu akan memperparah kesehatan Anda.

Maka dari itu, sebagai seorang pekerja, prioritaskan kesehatan diri Anda terlebih dahulu, barulah mengurus pekerjaan. Mungkin Anda belum tahu, Steve Jobs saja pernah tidur di bawah meja kerjanya, untuk mengistirahatkan tubuhnya. Hal ini mungkin sepele di mata Anda, tapi akan sangat membantu untuk menyelesaikan tugas-tugas selanjutnya.

Source:Mengelola Usaha OlehAlexander Lee

(brl/red)