CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 19 Januari 2016 11:00

Toyota berniat hadirkan teknologi satelit di mobil masa depannya

Untuk mewujudkan rencananya ini, Toyota menggandeng perusahaan Kymeta.

Toyota berniat hadirkan teknologi satelit di mobil masa depannya

Techno.id - Toyota kabarnya berniat menghadirkan teknologi satelit di mobil masa depannya. Pabrikan asal Jepang itu dilaporkan sedang mengembangkan flat panel berbasis satelit di mobil masa depan besutannya, Toyota Mirai.

Untuk mewujudkan rencananya ini, Toyota dilaporkan menggandeng perusahaan penyedia teknologi komunikasi satelit Kymeta. Sebagaimana dilansir oleh Mashable (14/1/16) Kymeta akan mendukung teknologi modul komunikasi data berbasis satelit untuk Toyota Mirai.

Menariknya, Kymeta dan Toyota dilaporkan tak menggunakan parabola tradisional untuk mengirim sinyal satelit. Dua perusahaan ini kabarnya akan menggunakan teknologi kristal cair untuk melacak elektronik dan mengarahkan gelombang ke arah satelit.

Toyota mengungkap ada keuntungan lebih yang didapat pihaknya dengan menggunakan teknologi kristal cair ini. Kabarnya dengan teknologi tersebut proses transfer data dari dan ke kendaraan akan jauh lebih cepat serta aman dari koneksi internet.

Ilustrasi flat panel berbasis satelit besutan Toyota dan Kymeta
© 2016 Toyota

Selain itu, penggunaan teknologi ini memungkinkan penggunaan perangkat tak akan lagi dibatasi oleh negara atau ketersediaan menara pemancar. Hal ini dikarenakan koneksi berbasis satelit dapat menembus batas dan dapat diakses di mana-mana.

Sayangnya, belum diketahui apakah teknologi yang mulai diperkenalkan pada ajang North American International Auto Show 2016 ini dapat segera dinikmati di pasaran. Namun, melihat pangsa pasar yang berpotensi maka kemungkinan besar teknologi berbasis satelit besutan Toyota dan Kymeta ini akan hadir ke pasaran dalam waktu dekat. Tunggu saja!

 

WHAT TO READ NEXT ?